Gerhana Bulan Total 8 November 2022, Ini Daftar Waktu dan Lokasi Melihat di Seluruh Indonesia

- 7 November 2022, 11:05 WIB
Informasi mengenai Gerhana Bulan Total pada 8 November 2022, berikut daftar waktu dan lokasi melihat tahapan fase di seluruh Indonesia.
Informasi mengenai Gerhana Bulan Total pada 8 November 2022, berikut daftar waktu dan lokasi melihat tahapan fase di seluruh Indonesia. /Pexels.com/Joe S

BERITA DIY - Besok 8 November 2022 akan terjadi Gerhana Bulan Total, berikut ini daftar waktu dan lokasi melihat tahapan fase Gerhana Bulan Total di seluruh Indonesia.

Indonesia kembali akan mendapatkan momentum terjadinya Gerhana Bulan Total yang dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa menggunakan alat bantu dan aman.

Gerhana Bulan Total merupakan fenomena astronomis seluruh permukaan Bulan masuk ke area bayangan inti (umbra) Bumi atau berada di belakang Bumi ketika Matahari, Bumi, dan Bulan membentuk garis lurus.

Dilansir lapan.go.id, Gerhana Bulan Total pada 8 November 2022 ini akan memiliki total durasi selama 1 jam 24 menit 58 detik dan durasi umbral (sebagian + total) selama 3 jam 39 menit 50 detik.

Baca Juga: 3 Mitos Gerhana Bulan untuk Ibu Hamil yang Masih Diyakini Sampai Hari Ini Salah Satunya Bayi Bisa Lahir Cacat

Gerhana ini menjadi gerhana ke-20 dari 720 gerhana dalam Seri Saros 136 dengan lebar sebesar 1,3589 kali diameter Bulan dan jarak pusat umbra ke pusat Bulan yaitu 0,2570 kali diameter Bulan.

Gerhana Bulan pada umumya terjadi ketika Bulan memasuki fase Bulan Purnama atau seluruh permukaan Bulan memantulkan cahaya Matahari dan Bulan pun dapat dilihat dengan bentuk bulat penuh.

Ketika Bulan memasuki area bayangan inti Bumi, maka sebagian permukaan Bulan akan cenderung berwarna hitam yang kemudian akan menjadi kemerahan ketika seluruh permukaan Bulan masuk ke area bayangan inti Bumi.

Saat Gerhana Bulan Total terjadi maka bulan tidak lagi memantulkan cahaya Matahari seperti Bulan Purnama dan akan berwana menjadi lebih kecoklatan bahkan hitam pekat.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x