Daftar Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi BPOM Terbaru 2022 Dilengkapi 5 Merek Obat yang Mengandung Etilen Glikol

- 25 Oktober 2022, 07:37 WIB
BPOM daftar obat sirup, 15 merek obat yang mengandung etilen glikol rilis Kemenkes, dan daftar obat yang dilarang BPOM terbaru 2022.
BPOM daftar obat sirup, 15 merek obat yang mengandung etilen glikol rilis Kemenkes, dan daftar obat yang dilarang BPOM terbaru 2022. /ABRIAWAN ABHE/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari BPOM daftar obat sirup, 15 merek obat yang mengandung etilen glikol rilis Kemenkes, dan daftar obat yang dilarang BPOM terbaru 2022.

Simak daftar obat sirup yang aman dikonsumsi berdasar rilis BPOM terbaru 2022 dilengkapi 5 merek obat yang mengandung etilen glikol versi Kemenkes.

Presiden Joko Widodo meminta pada Senin 24 Oktober 2022 menarik dan mengumumkan merek obat-obatan yang terbukti berbahaya atau mengandung bahan yang menjadi penyebab gagal ginjal akut.

"BPOM segera tarik dan hentikan peredaran obat sirop yang betul-betul secara evidence base terbukti mengandung bahan obat penyebab gangguan ginjal," kata Jokowi melalui akun Youtube Setpres.

Baca Juga: Update Daftar Obat yang Dilarang BPOM Terbaru 2022 Usai Uji Etilen Glikol, Ini Edaran Kemenkes soal Obat Sirup

Ia menegaskan akan lebih bagus lagi jika diumumkan dan diinformasikan kepada publik secara luas, nama-nama produk obat yang terbukti mengandung bahan penyebab gangguan ginjal.

Kepala pemerintahan mengatakan berdasarkan laporan yang diterimanya, penyebab kasus gagal ginjal akut disebabkan tingginya cemaran bahan pelarut di atas ambang batas, seperti masalah etilen glikol (EG), dietilen glikol (DEG), dietilen glikol butil eter, dan lain-lain.

Hingga 23 Oktober 2022 tercatat sudah 245 kasus gagal ginjal akut di 26 provinsi. Jokowi sendiri telah memerintahkan Menteri Kesehatan, Budi Sadikin, untuk menghentikan sementara obat-obat yang diduga berbahaya sampai keluar hasil investigasi menyeluruh dari BPOM terhadap seluruh obat sirop yang menggunakan bahan pelarut.

Berikut daftar obat yang aman dikonsumsi: KLIK DI SINI

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x