Wajib Tahu! Ini Gejala Penyakit Gagal Ginjal Akut pada Anak, Kapan Harus Bawa ke Rumah Sakit?

- 24 Oktober 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi - Gejala gagal ginja akut pada anak yang wajib diketahui orang tua lengkap kapan anak harus dibawa ke rumah sakit.
Ilustrasi - Gejala gagal ginja akut pada anak yang wajib diketahui orang tua lengkap kapan anak harus dibawa ke rumah sakit. /Pixabay/Victoria_Art

BERITA DIY - Orang tua wwajib tahu gejala gagal ginjal akut pada anak yang saat ini sedang menyerang ratusan anak di Indonesia serta informasi kapan anak harus dibawa ke rumah sakit, berikut ini.

Hingga hari ini Senin, 24 Oktober 2022 jumlah kasus gagal ginjal akut pada anak di Indonesia mencapai angka 245 anak di 26 provinsi.

"Saya update sedikit, per hari ini, kasus totalnya 245 anak di 26 provinsi. Delapan provinsi yang berkontribusi 80 persen kasus adalah DKI Jakarta, Jabar, Aceh, Jatim, Sumbar, Bali, Banten, dan Sumut. Fatality rate persentasenya cukup tinggi, yakni 141 atau 57,6 persen," ujar Budi usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Kenaikan angka pasien gagal ginjal akut pada anak ini tentunya menimbulkan kekhawatiran para orang tua.

Baca Juga: Apa Obat untuk Gagal Ginjal Akut pada Anak? Segini Harga Obat yang Resmi Telah Datang di Indonesia

Kabar baiknya Kemenkes telah memastikan penyebab dari gagal ginjal akut pada anak hingga kematian ini adalah karena cemaran zat kimia Etilen Glikol (EG), Dietilen Glikol (DEG), dan Etilen Glikol Butil Eter (EGBE) pada obat sirup.

Selanjutnya, Kemenkes telah merilis daftar obat sirup yang aman dikonsumsi oleh anak-anak dan daftar obat yang dilarang dikonsumsi bahkan beredar di pasaran.

Setiap orang tua yang memiliki anak-anak wajib tahu apa saja gejala gagal ginjal akut pada anak yang saat ini sedang menjadi kekhawatiran ini.

Kemenkes juga menghimbau masyarakat khususnya pada orang tua yang memiliki anak yang sakit untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya dnegan air minum.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x