Resmi! BPOM Rilis 23 Obat Sirop yang Aman Dikonsumsi dan 3 Produk Mengandung Etilen Glikol EG, Cek di Sini

- 24 Oktober 2022, 08:56 WIB
BPOM resmi merilis 23 obat sirop bebas politelin glikol yang aman dikonsumsi dan tiga produk mengandung etilen glikol EG, cek di sini.
BPOM resmi merilis 23 obat sirop bebas politelin glikol yang aman dikonsumsi dan tiga produk mengandung etilen glikol EG, cek di sini. /RAGAM INDONESIA

BERITA DIY - BPOM rilis 23 obat sirop bebas polietelin glikol yang aman dikonsumsi dan tiga produk mengandung etilen glikol (EG), cek daftarnya di sini.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merilis 23 daftar obat sirop yang aman dikonsumsi setelah hasil uji laboratorium.

23 produk dari 102 obat sirop yang ditemukan BPOM dari pasien gagal ginjal akut tersebut tidak menggunakan propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan/atau gliseron/gliserol yaitu bahan-bahan pelarut dalam obat sirop.

"Dari 102 obat sirup itu ada 23 produk tidak menggunakan keempat pelarut tersebut, sehingga aman digunakan," kata juru bicara Kemenkes dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Jadwal ANTV Hari Ini Senin, 24 Oktober 2022: Jam Tayang Yehh Jadu, Ishq Mein Marjawan 2, dan Suami Pengganti

Selain 23 produk, ada tujuh obat sirop yang aman digunakan selama sesuai aturan pemakaian.

Sementara itu, ada tiga produk obat sirop yang dinyatakan mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) setelah pengujian laboratorium.

Obat Sirop Aman

Berikut daftar 23 obat sirop aman oleh BPOM:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah