Tenang, Ada 23 Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi: Ini Daftar Lengkapnya dari BPOM

- 24 Oktober 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi - Ketahui daftar 23 obat sirup akan dikonsumsi dari BPOM.
Ilustrasi - Ketahui daftar 23 obat sirup akan dikonsumsi dari BPOM. /PEXELS/Anna Shvets

BERITA DIY - Inilah daftar 23 obat sirup yang aman dikonsumsi hasil dari uji yang dilakukan oleh BPOM dan Kemenkes untuk pasien berbagai penyakit.

BPOM secara resmi mengumumkan mengenai adanya sejumlah daftar obat dengan jenis sirup yang aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Pengumuman adanya jenis obat sirup yang aman dikonsumsi tersebut diketahui telah diumumkan oleh pihak BPOM yaitu mulai pda Minggu 23 Oktober 2022 beberapa waktu yang lalu.

Terhitung dari rilis resmi yang dilakukan tersebut setidaknya terdapat 23 jenis obat sirup yang telah ditetapkan sebagai obat yang aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Baca Juga: Daftar 23 Obat Sirup Aman Menurut BPOM Terbaru 2022, Ini 3 Produk yang Dilarang dan Mengandung EG atau DEG

Munculnya atau keluarnya rilis resmi obat sirup yang aman itu sendiri diketahui hasil dari uji laboratorium yang dilakukan oleh pihak BPOM beberapa waktu lalu terhadap sejumlah jenis obat.

Pihak BPOM menyatakan bahwa penetapan adanya obat sirup yang aman untuk digunakan tersebut sendiri setelah pihaknya melakukan pengecekan terhadap 102 jenis obat.

Disebutkan bahwa dari hasil uji tersebut bahwa 23 obat itu tidak menggunakan 4 jenis senyawa pelarut yang diduga dapat membahayakan kesehatan bagi yang mengonsumsinya.

Adapun keempat senyawa pelarut yang dimaksud tersebut adalah seperti Propelin Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol, hingga juga jenis Gliserol yang tidak terdapat di dalamnya.

Baca Juga: Resmi! BPOM Rilis 23 Obat Sirop yang Aman Dikonsumsi dan 3 Produk Mengandung Etilen Glikol EG, Cek di Sini

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x