Hari Diwali 24 Oktober 2022: Ini Arti Deepavali dalam Agama Hindu, Hari Raya Diwali Dirayakan di Indonesia?

- 23 Oktober 2022, 16:20 WIB
Ilustrasi uraian tentang Hari Diwali 24 Oktober 2022, ini arti Deepavali dalam agama Hindu, hari raya Diwali dirayakan di Indonesia?
Ilustrasi uraian tentang Hari Diwali 24 Oktober 2022, ini arti Deepavali dalam agama Hindu, hari raya Diwali dirayakan di Indonesia? /PIXABAY/@bhuwanpurohit

BERITA DIY - Simak bagaimana perayaan Hari Diwali yang diperingati pada tanggal 24 Oktober 2022. Apakah Hari Diwali atau Deepavali menjadi hari libur di Indonesia?

Banyak yang mencari tahu apa saja bentuk perayaan Hari Raya Diwali yang terdapat dalam agama Hindu.

Diwali atau yang disebut Deepali juga dikenal dengan nama Deepavali adalah salah satu hari raya yang dimiliki oleh Umat Hindu.

Diwali atau Deepavali sendiri dalam agama Hindu memiliki arti festival cahaya. Hari Diwali merupakan perayaan yang melambangkan kemenangan.

Baca Juga: 22 Oktober 2022 Memperingati Hari Apa? Peringatan Hari Santri Nasional Apakah Libur Tanggal Merah? 

Pada Hari Raya Diwali umat Hindu akan menyalakan lampu sebagai tanda merayakan Deepavali. Selain menggunakan lampu dalam festival ini juga menggunakan kembang api di beberapa negara lain.

Sebagai informasi bahwa di Indonesia Hari Diwali atau festival cahaya tidak menjadi hari libur nasional.

Hari Raya Diwali dirayakan selama lima hari dalam kalender Hindu disebut dengan Ashwayuja dan biasanya berlangsung pada bulan Oktober atau November.

Hari Diwali atau yang juga disebut Festival cahaya ini merupakan salah satu yang paling populer dan ditunggu-tunggu oleh umat Hindu di India.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x