Catat! Ini Daftar 102 Obat Sirop Berbagai Merek yang Dikonsumsi Pasien Gagal Ginjal Temuan Kemenkes

- 22 Oktober 2022, 17:21 WIB
Ilustrasi. Kemenkes rilis daftar 102 obat sirop berbagai merek yang dikonsumsi pasien gagal ginjal, cek selengkapnya di sini.
Ilustrasi. Kemenkes rilis daftar 102 obat sirop berbagai merek yang dikonsumsi pasien gagal ginjal, cek selengkapnya di sini. /Pexels/ Cottonbro

BERITA DIY - Kemeneks rilis daftar 102 obat sirop berbagai merek yang dikonsumsi pasien gagal ginjal, cek di sini.

Sebanyak 102 merek obat sirop yang dikonsumsi oleh para pasien gagal ginjal akut diumumkan oleh Kementerian Kesehatan.

Kemenkes menemukan 102 merek obat sirop setelah mendatangi 156 rumah pasien.

"Kemenkes mendatangi 156 rumah pasien, dan ada 102 obat yang ada di lemari keluarga ini yang jenisnya sirop. Itu kami laporkan dan Presiden bilang dibuka saja biar masyarakat tenang," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam agenda konferensi pers terkait AKI pada Jumat, 21 Oktober 2022.

102 merek obat sirop tersebut terbukti secara klinis mengandung bahan polyethylene glikol yang sebenarnya tidak berbahaya sebagai pelarut obat sirop selama penggunaanya berada pada ambang batas aman.

Baca Juga: BPOM Umumkan 5 Produk Obat Sirop Berbahaya Lampaui Batas Aman Etilen Glikol, Penyebab Utama Gagal Ginjal Anak?

Sesuai Farmakope dan standar baku nasional yang diakui, ambang batas aman atau Tolerable Daily Intake (TDI) untuk cemaran EG dan DEG sebesar 0,5 mg/kg berat badan per hari.

Dilansir dari keterangan Kemenkes RI, berikut daftar merek obat sirop yang ditemukan:

Afibramol, Alerfed Syrup, Ambroxol syr, Amoksisilin, Amoxan, Amoxicilin, Anacetine syrup, Anacetine DOEN, Apialys Syrup, Azithromycin Syrup, Baby cough Camivita, Caviplex, Cazeti, Cefacef Syrup, Cefspan Syrup, Cetirizin, Colfin Syrup, Cupanol Syrup, Curbexon Syrup, Curviplex Syrup, Depakene, Devosix drop 15 ml, Dextaco Syrup, Domperidon Syrup.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x