Tanggal 8 Oktober 2022 Jadi Hari Libur Nasional? Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

- 7 Oktober 2022, 20:05 WIB
Ilustrasi. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 8 Oktober 2022 M 12 Rabiul Awal.
Ilustrasi. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 8 Oktober 2022 M 12 Rabiul Awal. /Tangkap layar twibbonize.com/@Ahir Media

BERITA DIY - Ketahui penjelasan mengenai sejarah singkat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jadi hari libur nasional tanggal 8 Oktober 2022 dan hari besar Islam tersaji dalam ulasan artikel ini.

Pada tanggal 8 Oktober 2022 besok dalam kalender nasional menjadi hari libur bersama yang ditandai dengan tanggalan berwarna merah.

Bagi umat Islam tentu 8 Oktober 2022 nanti menjadi momen hari besar yang penuh rahmat dan berkat karena bertepatan tanggal itu adalah 12 Rabiul Awal yang tidak lain ialah hari kelahiran Rasulullah SAW.

Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, 8 Oktober 2022 Gratis Cocok Diposting Story WA dan IG

Pada 2022, tanggal 12 Rabiul Awal jatuh pada 8 Oktober 2022 sebagaimana tertulis dalam Surat Keputusan Bersama 3 Menteri (SKB 3 Menteri).

Rasulullah Nabi Muhammad SAW diyakini lahir pada 12 Rabiul Awal yang dikenal oleh bangsa Arab sebagai Tahun Gajah.

Nabi Muhammad SAW lahir dari rahim Aminah binti Wahab bin Abdu Manaf sebagai anak yatim karena sang ayah, Abdullah bin Abdul Muthalib meninggal dalam perjalanan niaga dari Syam ketika singgah ke tempat saudara ibunya di Yatsrib.

Pada saat Nabi lahir, bertepatan pula dengan Abrahah sang penguasa Yaman dengan pasukan gajahnya yang berniat menghancurkan Ka'bah.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x