Niat dan Tata Cara Sholat Qobliyah - Badiyah Jumat Dua Rakaat dengan Tulisan Latin, Arab dan Artinya

- 7 Oktober 2022, 11:26 WIB
Ilustrasi: Bacaan niat sholat qobliyah dan badiyah dua rakaat sebelum dan sesudah melaksanakan sholat Jumat lengkap Arab, latin, dan artinya.
Ilustrasi: Bacaan niat sholat qobliyah dan badiyah dua rakaat sebelum dan sesudah melaksanakan sholat Jumat lengkap Arab, latin, dan artinya. /FREEPIK/freepik

BERITA DIY – Ketahui niat dan tata cara sholat qobliyah dan Badiyah Jumat dua rakaat lengap dengan tulisan latin, Arab, dan artinya.

Ada baiknya umat muslim mengetahui niat dan tata cara sholat qobliyah dan badiyah sebelum dan sesudah melaksanakan sholat Jumat.

Adapun bacaan niat berikut ini tertera dalam tulisan arab dan latin Bahasa Indonesia yang dapat mempermudah dalam membaca doa tersebut.

Sholat Sunnah Qobliyah dan Badiyah

Terdapat dua sholat sunnah rowatib yang dapat dilakukan sebelum dan setelah sholat Jumat.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Sunnah Sebelum dan Sesudah Sholat Jumat Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Seperti sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits berikut ini yang menganjurkan umat muslim melaksanakan sholat sunnah qobliyah sebelum melaksanakan sholat Jumat:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ سُلَيْكٌ الغَطَفَانِيُّ وَرَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَصَلَّيْتَ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ تَجِيْءَ؟ قاَلَ لاَ. قَالَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ وَتَجَوَّزْ فِيْهِمَا. سنن ابن ماجه

Artinya:

“Diriwayatkan dari Abi Hurairah radiyallahu ‘anhu berkata: Sulayk al Ghathafani datang (ke masjid), sedangkan Rasulullah SAW sedang berkhutbah. Lalu Nabi SAW bertanya, “Apakah kamu sudah sholat sebelum datang ke sini?” Sulayk menjawab: “Belum”. Nabi SAW bersabda: “Sholatlah dua rakaat dan ringankan saja” (jangan membaca surat panjang – panjang).”

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x