Bacaan Niat Qobliyah Jumat, Sholat Sunnah 2 Rakaat Sebelum Jumatan serta Tata Cara dan Waktu Pelaksanaan

- 7 Oktober 2022, 09:51 WIB
Ilustrasi - Bacaan niat qobliyah Jumat, sholat sunnah 2 rakaat sebelum jumatan Arab dan terjemahan, lengkap dengan tata cara dan waktu pelaksanaan.
Ilustrasi - Bacaan niat qobliyah Jumat, sholat sunnah 2 rakaat sebelum jumatan Arab dan terjemahan, lengkap dengan tata cara dan waktu pelaksanaan. /FREEPIK/rawpixel.com

BERITA DIY - Simak bacaan niat qobliyah Jumat, sholat sunnah 2 rakaat sebelum jumatan Arab dan terjemahan, lengkap dengan tata cara dan waktu pelaksanaan.

Pada artikel ini akan tersaji bacaan niat sholat qobliyah Jumat, sholat sunnah 2 rakaat sebelum jumatan. Niat tersaji dalam Bahasa Arab dan terjemahannya.

Informasi tata cara dan kapan waktu pelaksanaan sholat qobliyah Jumat akan dijelaskan juga. Jadikan kegiatan ini sebagai tambahan amalan di hari Jumat.

Setiap hari Jumat, kaum muslim akan menjalankan ibadah wajib berupa sholat Jumat. Sebelum menjalankan sholat Jumat, banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan untuk mendapat tambahan pahala, salah satunya sholat qobliyah Jumat.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Jumat Maulid Nabi yang Menyentuh Hati, Singkat dan Indah serta Mudah Dihafal

Ada banyak amalan sunnah yang dapat dilakukan pada hari Jumat, mulai dari memeperbanyak sholawat nabi, membaca Al Kahfi, mandi sebelum sholat Jumat, memakai wewangian dan memakai baju terbaik, bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumis hingga datang ke masjid lebih awal.

Anda juga bisa mengerjakan sholat qobliyah Jumat hanya dalam 2 rakaat saja. Sebenarnya sholat qobliyah merupakan sholat sunnah yang dikerjakan sebelum sholat wajib 5 waktu dilaksanakan.

Kemudian karena sholat ini dilakukan pada hari Jumat sebelum jumatan, maka dikenal dengan sholat qobliyah Jumat. Sholat sunnah ini dapat dilakukan setelah masuk waktu Jumat.

Sholat jumat hanya dilakukan sekali dalam seminggu. Perintah sholat Jumat sudah diterangkan dalam Al Qur'an surat Al Jumu'ah ayat 9, yang artinya:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x