Hari Batik Nasional Diperingati Tanggal Berapa? Ini Rangkaian Acara Peringatan Tahun 2022 dan Link Twibbon

- 29 September 2022, 14:25 WIB
Link Twibbon Hari Batik Nasional diperingati tanggal berapa dan rangkaian acara di tahun 2022.
Link Twibbon Hari Batik Nasional diperingati tanggal berapa dan rangkaian acara di tahun 2022. /Dok. Twibbonize/

BERITA DIY - Ketahui Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal berapa, rangkaian acara peringatan di tahun 2022 dan link twibbon berikut ini.

Saat ini banyak dari masyarakat atau warganet yang mencari tahu kapan Hari Batik Nasional diperingati, begitu juga dengan tema peringatan Hari Batik Nasional di tahun 2022.

Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober setiap tahunnya. Tanggal 2 Oktober dipilih karena memiliki cerita dan peristiwa penting.

Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan pengukuhan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisa dan Non Bendawi tahun 2009 oleh UNESCO.

Baca Juga: Sejarah Hari Tani Nasional 24 September 2022 Lengkap Link Twibbon Peringatan Gratis Bisa Dibagikan ke Sosmed

Batik telah dikenal oleh dunia sejak Presiden Soeharto menggunakan baju batik dalam acara konferensi PBB. Batik juga sering digunakan sebagai buah tangan untuk tamu negara di era Presiden Soeharto.

Batik pernah diklaim oleh Malaysia sebagai salah satu warisan budaya mereka. Hal ini pun sempat menyebabkan perselisihan antara Indonesia dengan Malaysia.

Namun akhirnya, pada 5 September Indonesia mendaftarkan batik sebagai intangible cultural heritage di UNESCO.

Hingga akhirnya pada tanggal 9 Januari 2009 batik diterima resmi oleh UNESCO dan pada 2 Oktober 2009 ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x