Rebo Wekasan Adalah Apa? Penjelasan Sejarah Asal Mula, Kapan Diperingati serta Doa Tolak Bala Sesuai Sunnah

- 20 September 2022, 11:30 WIB
Ilustrasi - Rebo Wekasan adalah apa lengkap sejarah asal mula, kapan diperingati serta doa tolak bala sesuai sunnah dan ajaran Islam.
Ilustrasi - Rebo Wekasan adalah apa lengkap sejarah asal mula, kapan diperingati serta doa tolak bala sesuai sunnah dan ajaran Islam. /Pixabay/chiplanay

BERITA DIY - Simak Rebo Wekasan adalah apa? penjelasan sejarah asal mula, kapan diperingati serta bacaan doa tolak bala sesuai sunnah dan ajaran Islam.

Dilansir dari situs Kemdikbud, Rebo Wekasan diperingati setiap hari Rabu terakhir pada bulan Sapar atau Shafar.

Adapun sejarah asal mula Rebo Wekasan dikatakan sudah ada sejak tahun 1984 dan masih dilestarikan sampai sekarang oleh sebagian orang.

Tradisi Rebo Wekasan sendiri kebanyakan diperingari oleh masyarakat Jawa, Sunda, Madura, hingga Sumatera.

Baca Juga: Kapan Rebo Wekasan 2022 dan Tanggal Berapa? Amalan, Doa, serta Tata cara dan Bacaan Niat Sholat Rabu Pungkasan

Menurut beberapa Ulama Rebo Wekasan adalah tradisi yang tidak dianjurkan karena tidak ada ajaran sunnah dari Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa di bulan Shafar diadakan hal tersebut.

Selain itu, beberapa Ulama berpendapat bahwa Rebo Wekasan tidak termuat dalam Al Quran dan Sunnah yang menjadi pedoman umat muslim untuk beribadah.

Rebo Wekasan sendiri bermula dari kepercayaan orang terdahulu yang mengatakan bulan Shafar adalah bulan yang banyak terjadi malapetaka.

Baca Juga: Rebo Wekasan 2022 Kapan Benar Rabu Terakhir di Bulan Shafar? Hukum dalam Islam dan Ini Doa Tolak Bala

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x