Cara Membuat Minyak Kelapa sebagai Alternatif Minyak Goreng yang Mudah serta Sehat bagi Tubuh dan Jantung

- 11 September 2022, 12:40 WIB
Cara membuat minyak kelapa sebagai alternatif pengganti minyak goreng dari kelapa sawit yang mudah serta sehat bagi tubuh dan jantung karena kandungan asam lemak rantai medium hingga 60 persen.
Cara membuat minyak kelapa sebagai alternatif pengganti minyak goreng dari kelapa sawit yang mudah serta sehat bagi tubuh dan jantung karena kandungan asam lemak rantai medium hingga 60 persen. /PIXABAY/@monicore

BERITA DIY – Simak informasi cara membuat minyak kelapa sebagai alternatif pengganti minyak goreng dari minyak sawit yang bisa dilakukan dengan mudah serta baik bagi tubuh dan jantung.

Minyak kelapa adalah sebuah minyak hasil ekstraksi buah kelapa yang bisa digunakan untuk banyak hal penting dan bermanfaat.

Minyak kelapa murni memiliki banyak kegunaan mulai dari bahan substitusi pengolahan susu formula, membantu penyerapan kalsium, dan sebagai alternatif minyak goreng bermutu tinggi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Steivie Karouw dan Chandra Indrawanto dalam  Pengolahan dan Peluang Pengembangan Minyak Goreng Berbagai Jenis Kelapa Genjah menyatakan bahwa minyak kelapa memiliki Asam Lemak Rantai Medium (ALRM) berkisar antara 58,50 hingga 62,32 persen.

Baca Juga: Imbas BBM Naik! Ini Harga Minyak Goreng Hari Ini di Indomaret dan Alfamart Kemasan 1 dan 2 Liter Semua Merek

Hal ini berbeda dengan minyak kelapa sawit yang justru tidak memiliki asam lemak rantai medium, tetapi didominasi oleh asam lemak tak jenuh sebesar 60,3 persen.

Kandungan asam lemak tak jenuh tersebut berpengaruh dalam derajat ketidakjenuhan minyak yang berkaitan dengan oksidasi pada minyak.

Sekedar informasi, oksidasi merupakan proses kerusakan lemak dan mengakibatkan terbentuknya senyawa off flavor sehingga membuat minyak menjadi berbau tengik.

Produk olahan atau makanan yang diolah atau digoreng menggunakan minyak yang berbau tengik tentunya akan mengalami perubahan warna dan nilai gizi sehingga berpengaruh pada makanan itu sendiri.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x