Cek Penerima BLT BBM Rp600 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id, Cari Tahu Apakah Terdaftar DTKS Penerima Bansos

- 6 September 2022, 15:37 WIB
Cek penerima BLT BBM Rp600 ribu di situs cekbansos.kemensos.go.id serta cari tahu apakah sudah terdaftar di data DTKS penerima bansos.
Cek penerima BLT BBM Rp600 ribu di situs cekbansos.kemensos.go.id serta cari tahu apakah sudah terdaftar di data DTKS penerima bansos. /Tangkap layar cekbansos.kemensos.go.id

BERITA DIY - Penerima BLT BBM sebesar Rp600 ribu dapat dicek melalui cekbansos.kemensos.go.id, berikut cara mencari tahu apakah terdaftar dalam DTKS sebagai penerima bansos.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar Rp600 ribu merupakan bentuk pengalihan dari subsidi BBM yang mulai disalurkan pada bulan September ini.

Masyarakat dapat melakukan pengecekan secara mandiri apakah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) BLT BBM ini melalui situs resmi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) miliki Kementerian Sosial (Kemensos).

Data penerima BLT BBM sendiri diambil dari data yang terdapat di DTKS sebagai acuan dari keputusan Kemensos.

Baca Juga: BLT BBM Rp600 Ribu Cair September ini, Berikut Cara Cek Data Penerima Bansos di DTKS cekbansos.kemensos.go.id

Pencairan BLT BBM dilaksanakan secara dua tahap, tahap pertama sebesar Rp300 ribu disalurkan pada bulan September 2022, dan tahap kedua sebesar Rp300 ribu sisanya akan disalurkan pada Desember 2020.

Dalam proses penyalurannya, Kemensos bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan berbagai tokoh masyarakat serta menyiapkan skema jemput bola bagi masyarakat yang tidak bisa datang ke kantor Pos karena sakit atau lanjut usia.

Supaya penyaluran BLT BBM ini tepat sasaran, Kemensos pun selalu melakukan pembaharuan data DTKS setiap bulannya.

Pembaharuan data DTKS dapat dilakukan melalui dua cara yaitu dari masukan pemerintah daerah dan pendaftaran mandiri dari masyarakat yang bersangkutan.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x