Bacaan Sholawat Pendek untuk Melancarkan Rezeki Sebagaimana Petunjuk Rasulullah, Cocok Dibaca di Hari Jumat

- 26 Agustus 2022, 10:35 WIB
Bacaan sholawat pendek di hari Jumat yang ampuh untuk menarik rezeki sebagaimana petunjuk Rasulullah SAW.
Bacaan sholawat pendek di hari Jumat yang ampuh untuk menarik rezeki sebagaimana petunjuk Rasulullah SAW. /pexels/@Fasiih Fawaz

BERITA DIY - Simak berikut bacaan sholawat pendek untuk melancarkan rezeki sebagaimana petunjuk Rasulullah SAW, cocok dibaca di hari Jumat.

Dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa rezeki semua makhluk yang ada di muka bumi sudah dijamin oleh Allah SWT.

Akan tetapi, Rasulullah SAW juga menjelaskan bagaimana kiat untuk melancarkan rezeki yang salah satunya adalah dengan membaca sholawat.

Keutamaan membaca sholawat juga tertulis dalam Al-Quran surah Al-Ahzab ayat 56 sebagai berikut.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya". (QS: Al Ahzab:56)

Baca Juga: Teks Sholawat Nuridzati Lirik yang Asli Tulisan Arab, Latin dan Artinya Bahasa Indonesia Dibaca 100X

Maksud Allah bersholawat kepada Nabi Muhammad seperti halnya di atas artinya Allah mencurahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Ada banyak riwayat atau hadits yang menyebutkan keutamaan-keutamaan membaca shalawat, diantaranya sebagai berikut:

حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya:

Telah menceritakan kepada kami Anas bin Malik dia berkata; Rasulullah Shalallah Alaihi Wa Sallam bersabda: "Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan shalawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ia diangkat sepuluh derajat untuknya." (HR. Nasai) [ No. 1297 Maktabatu Al Maarif Riyadh] Shahih.

Baca Juga: Bacaan Sholawat Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Ali Muhamad Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya:

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali." (HR. Muslim) [No. 408 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

Dikutip dari jatim.nu.or.id, ada sebuah kisah yang menggambarkan tentang seseorang bernama Al-Qasthalani yang menceritakan hidupnya yang sangat melarat kepada Nabi Muhammad SAW.

Mendengar cerita Al-Qasthalani tersebut, Nabi Muhammad kemudian mengatakan kepadanya untuk membaca sholawat agar melancarkan rezekinya.

Baca Juga: Tulisan Latin Allah Ya Nabi Salam Alaika Lirik Sholawat Badar Lengkap Chord Kunci Gitar Lagu Maher Zain

Berikut bunyi bacaan sholawat untuk melamcarkan rezeki sesuai anjuran Rasulullah SAW:

 اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَهَبْ لَنَا مِنْ رِزْقِكَ الْحَلَالِ الطَّيِّبِ الْمُبَارَكِ مَا تَصُوْنُ بِهِ وُجُوْهَنَا عَنِ التَّعَرُّضِ اِلَى أَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ

Artinya:

Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan kepada Nabi Muhammad, dan berilah kepada kami dari rezeki-Mu yang halal, baik, diberkahi, yang dengan rezeki itu bisa menjaga wajah-wajah kami dari bergantung kepada seorang dari makhluk-Mu.

Bacaan sholawat di atas sangat cocok untuk di amalkan di hari Jumat, karena sesuai sabda nabi Muhammad SAW sebagai berikut:
أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Baca Juga: Lirik Sholawat Yasir Lana Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan: Ilahanaa Yaa Ilahanaa

Artinya:

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-)

Demikian informasi bacaan sholawat pendek untuk melancarkan rezeki sebagaimana petunjuk Rasulullah SAW, cocok dibaca di hari Jumat.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x