Kapan Jadwal ANBK 2022 Untuk SD, SMP, dan SMA: Ini Aspek Penilaian yang Digunakan dalam Asesmen Nasional

- 23 Agustus 2022, 16:05 WIB
Ilustrasi - Ketahui jadwal dan aspek penilaian ANBK 2022 SD, SMP, dan SMA.
Ilustrasi - Ketahui jadwal dan aspek penilaian ANBK 2022 SD, SMP, dan SMA. /Tangkap Layar YouTube/Pusmendik

BERITA DIY - Simak kapan jadwal ANBK 2022 bagi siswa SD, SMP, dan SMA beserta dengan penjelasan aspek penilaian yang nantinya akan digunakan dalam tes.

Asessment Nasional Berbasis Komputer atau ANBK rencananya akan segera dilakukan bagi sejumlah siswa yang menempuh pendidikan dalam satuan seperti SD, SMP, dan SMA.

ANBK sendiri diketahui merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Di dalam ANBK 2022 yang nantinya akan dilaksanakan tersebut akan memuat sejumlah aspek yang dijadikan dasar penilaian guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Cara Download Soal-soal ANBK 2022 Agustus Link Kemdikbud Lengkap Jadwal Asesmen SD, SMP dan SMA

Sejumlah aspek penilaian dalam ANBK 2022 tersebut nantinya akan dilakukan ujian atau tes yang akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan bagi siswa SD, SMP, dan SMA.

Mengenai aspek yang akan menjadi dasar penilaian dalam ANBK 2022 tersebut yaitu seperti Asesmen Kompetensi Nasional (AKM), survey karakter, dan juga survey lingkungan belajar.

Asesmen Kompetensi Nasional atau AKM dalam aspek ANBK 2022 memiliki tujuan untuk mengukur tingkat literasi membaca dan tingkat literasi matematika (numerasi) murid.

Sedangkan untuk survey karakter digunakan untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter dari murid dalam suatu lembaga pendidikan.

Baca Juga: ANBK Adalah Apa, Kapan Dimulai dan Berapa Soal? Ini Jadwal Asesmen Nasional Kemendikbud 2022 SD hingga SMA

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x