Apa Itu Tirakatan 17 Agustus? Ini Pengertian, Tujuan, dan Waktu Pelaksanaan Acara Jelang HUT Kemerdekaan RI

- 13 Agustus 2022, 18:10 WIB
Ilustrasi - Simak penjelasan apa itu tradisi tirakatan 17 Agustus, disertai tujuan dan waktu pelaksanaan tradisi menjelang HUT Kemerdekaan RI tersebut.
Ilustrasi - Simak penjelasan apa itu tradisi tirakatan 17 Agustus, disertai tujuan dan waktu pelaksanaan tradisi menjelang HUT Kemerdekaan RI tersebut. /UNSPLASH/@nickgunner

BERITA DIY - Berikut penjelasan mengenai apa itu tradisi tirakatan 17 Agustus, disertai dengan pengertian, tujuan, dan waktu pelaksanaan tradisi menjelang HUT Kemerdekaan RI tersebut.

Menjelang perayaan kemerdekaan atau HUT RI ke 77 tentunya masyarakat Indonesia ada yang tidak asing dengan istilah tirakatan.

Tirakatan atau kerap disebut juga dengan malam tirakatan 17 Agustus merupakan tradisi yang sering diadakan oleh masyarakat Indonesia terutama dari suku Jawa.

Pada umumnya malam tirakatan merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat untuk menyambut perayaan 17 Agustus atau kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya.

Malam tirakatan dilakukan masyarakat dengan perenungan atas usaha dan jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Contoh Teks Pidato Singkat HUT RI Pada 17 Agustus 2022, Sebagai Perayaan ke 77 Kemerdekaan Indonesia

Selain itu pada malam tirakatan, masyarakat kerap membacakan doa sebagai bentuk syukur atas kemerdekaan Indonesia saat ini.

Setelah melaksanakan pembacaan doa dan renungan jasa pahlawan, acara tirakatan kerap dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng, pembacaan pemenang lomba 17 agustus, serta pentas seni maupun penayangan film layar tancap.

Malam tirakatan bisa menjadi salah satu sumber bagi masyarakat saat ini untuk semakin memahami jasa yang telah dilakukan para pahlawan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x