Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Teks Arab, Latin, dan Artinya Lengkap Keutamaan Melaksanakan Puasa Ayyamul Bidh

- 11 Agustus 2022, 09:50 WIB
Ilustrasi uraian tentang bacaan niat puasa ayyamul bidh teks Arab, latin, dan artinya lengkap keutamaan melaksanakan puasa sunah ayyamul bidh.
Ilustrasi uraian tentang bacaan niat puasa ayyamul bidh teks Arab, latin, dan artinya lengkap keutamaan melaksanakan puasa sunah ayyamul bidh. /PEXELS/khats cassim

BERITA DIY- Berikut ini bacaan niat puasa ayyamul bidh teks Arab, latin, dan artinya lengkap keutamaan melaksanakan puasa ayyamul bidh.

Puasa ayyamul bidh merupakan salah satu puasa sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dikerjakan. Bagaimana bacaan niat puasa ayyamul bidh lengkap teks Arab, latin, dan artinya simak dalam uraian ini.

Puasa ayyamul bidh berawal dari kisah Nabi Adam A.S ketika turun ke bumi tubuhnya hitam, kemudian nabi melaksanakan puasa tiga hari dan tubuhnya menjadi putih.

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunah ayyamul bidh minimal tiga hari dalam sebulan yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15.

Baca Juga: Bolehkah Puasa Asyura Tanggal 10 dan 11 Muharram? Ini Bacaan Niat Puasa Asyura 11 Muharram

Ayyamul bidh dalam bahasa Arab memiliki arti hari yang putih. Hal ini juga berkaitan dengan waktu pelaksanaan puasa ayyamul bidh.

Waktu pelaksanaan puasa sunah ini yaitu pada hari ke 13, 14 dan 15 di mana pada tanggal-tanggal tersebut bulan sedang bersinar dengan terang dan terlihat berwarna putih bercahaya,

Dikutip dari Masjid Pedesaan, beberapa hadis Nabi Muhammad yang membahas tentang puasa ayyamul bidh:

“Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: pertama berpuasa tiga hari setiap bulannya, kedua mengerjakan shalat Dhuha, ketiga mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari).

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x