Hari yang Baik Untuk Memotong Kuku Menurut Islam, Ini Adab dan Tata Cara Melakukannya

- 10 Agustus 2022, 22:05 WIB
Ilustrasi - Ketahui tata cara, adab, dan hari baik memotong kuku dalam Islam.
Ilustrasi - Ketahui tata cara, adab, dan hari baik memotong kuku dalam Islam. /Pixabay/Huskyherz

BERITA DIY - Inilah hari yang baik untuk memotong kuku menurut Islam lengkap dengan seperti apa adab dan tata cara yang dapat dilakukan untuk melakukan hal tersebut.

Menjaga kebersihan dan kesucian merupakan salah satu hal yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam dalam ajaran agama Islam yang nantinya dapat dilakukan sesuai anjuran.

Menjaga kebersihan dan juga kesucian diri manusia dapat dilakukan dengan melakukan sejumlah hal yaitu seperti melaksanakan mandi, melakukan khitan, memotong rambut pada tubuh, hingga memotong kuku.

Terkait dengan memotong kuku yang merupakan salah satu hal yang termasuk dalam cara menjaga kebersihan diri tersebut, memang merupakan hal yang dapat dengan mudah dilakukan.

Baca Juga: Adab Berpakaian dalam Islam untuk Laki–laki dan Perempuan, Muslim Muslimah Wajib Tahu

Meskipun dapat dilakukan dengan mudah, namun dalam melaksanakan memotong kuku yang dimiliki tersebut sebenarnya memiliki adab dan tata cara yang dianjurkan dalam Islam.

Selain itu, dalam melaksanakan memotong kuku pada tubuh tersebut juga terdapat waktu atau hari baik untuk melakukan salah satu fitrah yang dapat dilakukan nantinya.

Namun demikian, suatu hari dalam menjalankan memotong kuku tersebut bukanlah hal wajib namun bersifat atau memiliki hukum yaitu sunnak untuk dilakukan oleh umat Islam.

Salah satu hari yang baik dan dianjurkan untuk memotong kuku dan bersifat sunnah tersebut dapat dilakukan pada hari Senin, Kamis, dan Jumat sebagai salah satu hari baik dalam ajaran Islam.

Baca Juga: Resep dan Cara Memasak Bubur Suro Khas Hari Asyura dalam Tahun Baru Islam dan 1 Muharram di Masyarakat Jawa

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x