Bacaan Niat Puasa Tasua dan Asyura di Tanggal 9 dan 10 Muharram 2022, Ini Keutamaan Puasa di Bulan Muharram

- 6 Agustus 2022, 18:11 WIB
Bacaan niat puasa asyura, puasa tasua adalah, niat puasa asyura NU online, niat puasa muharram, dan keutamaan puasa tasua dan asyura.
Bacaan niat puasa asyura, puasa tasua adalah, niat puasa asyura NU online, niat puasa muharram, dan keutamaan puasa tasua dan asyura. /PIXABAY/kirill_sobolev

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari bacaan niat puasa asyura, puasa tasua adalah, niat puasa asyura NU online, niat puasa muharram, dan keutamaan puasa tasua dan asyura.

Berikut ini teks bacaan niat puasa Tasua dan Asyura di tanggal 9 dan 10 Muharram 2022, simak keutamaan puasa di bulan Muharram.

Puasa Tasua merupakan puasa sunah yang dilaksanakan pada 9 Muharram, jika menilik pada kalender masehi tahun ini, maka puasa Tasua jatuh pada tanggal 7 Agustus 2022.

Sementara puasa Asyura adalah puasa sunnah yang dilaksanakan umat muslim pada 10 Muharram, yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 8 Agustus 2022.

Baca Juga: Amalan Malam 1 Muharram 2022, Doa Awal Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah dan Niat Puasa Asyura dan Tasua

Puasa Asyura dapat dilakukan kaum Muslimin dalam beberapa cara, ada satu hari pada 10 Muharram, dua hari dan tiga hari pada 9,10, 11.

Ada deretan puasa sunnah yang dapat dikerjakan selama bulan Muharram. Puasa sunnah yang dimaksud adalah puasa Tasu'a, Asyura, dan Ayyamul Bidh.

Salah satu hal yang penting untuk diketahui sebelum menjalankan Puasa Tasua 9 Muharram adalah dengan mengetahui dalil sebagai dasar menjalankan ibadah ini. Terdapat beberapa dalil yang menjadi dasar untuk menjalankan puasa ini.

صَامَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى فَقَالَ رَسُولُ الهِع صَلَّى الهُت عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ قَالَ فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x