5 Tips Mengatasi BAB Keras atau Sembelit tanpa Bantuan Obat yang Aman dan Tidak Memiliki Efek Samping

- 6 Agustus 2022, 18:35 WIB
Ilustrasi - Lima tips mengatasi buang air besar keras atau sembelit tanpa bantuan obat dan tidak memiliki efek samping bagi tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi air dan makanan tinggi serat secara teratur.
Ilustrasi - Lima tips mengatasi buang air besar keras atau sembelit tanpa bantuan obat dan tidak memiliki efek samping bagi tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi air dan makanan tinggi serat secara teratur. /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY – Simak informasi cara mengatasi sembelit karena BAB keras dengan mudah tanpa obat sehingga mampu memperbaiki kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Sembelit atau dalam bahasa medis disebut konstipasi adalah keadaan susah buang air besar akibat kotoran keras atau kurangnya gerakan di usus besar sehingga BAB kurang dari tiga kali seminggu.

Meski tiap orang memiliki kebiasaan BAB tiga kali sehari hingga tiga kali seminggu, sembelit memiliki ciri-ciri seperti:

1. Buang air besar kurang dari tiga kali seminggu

2. Kotoran berbentuk keras dan kering

3. Mengalami sakit atau nyeri saat buang air besar

4. Perut terasa penuh meskipun setelah buang air besar

Baca Juga: Sembelit Saat Puasa? Ini 5 Tips Dapat Mengatasi Sembelit Saat Puasa, Ampuh dan Mudah agar BAB Tetap Lancar

Jika mengalami beberapa ciri-ciri di atas, ada kemungkinan Anda sedang menderita sembelit. BAB yang keras juga dapat berujung pada luka di anus sehingga muncul pendarahan ketika buang air besar.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x