Bacaan Doa Saat Mendengar Ayam Berkokok di Malam Hari, Arab Latin dan Artinya

- 4 Agustus 2022, 23:59 WIB
Ilustrasi: Simak bacaan doa mendengar ayam jantan berkokok di malam hari.
Ilustrasi: Simak bacaan doa mendengar ayam jantan berkokok di malam hari. /PEXELS/ Pixabay

BERITA DIY – Ketahui bacaan doa saat mendengar ayam berkokok di malam hari, lengkap dengan Arab, latin, dan artinya dalam Bahasa Indonesia.

Seperti diketahui ayam adalah salah satu hewan yang sangat sering dan mudah dijumpai setiap harinya.

Tak terkecuali suara berkok ayam yang sering terdengar di pagi, siang, bahkan malam hari.

Ternyata ayam adalah salah satu hewan yang sangat bermanfaat, bahkan Allah SWT menandakan ketika ayam berkokok maka saat itu malaikat sedang turun ke bumi.

Baca Juga: Puasa Tasua dan Asyura Dikerjakan Kapan? Ini Puasa Sunnah di Bulan Muharram 1444 H Lengkap Waktu dan Doa Niat

Maka dari itu, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa ketika mendengar ayam berkokok di malam hari atau bahkan tengah malam.

Penjelasan tentang membaca doa saat mendengar ayam berkokok di malam hari juga disampaikan Nabi Muhammad SAW pada sebuah hadits berikut ini:

إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ فَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ، فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلَكًا، وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الحِمَارِ فَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا

Artinya:

“Apabila kalian mendengar ayam berkokok, mintalah karunia Allah (berdoa), karena dia melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar ringikan keledai, mintalah perlindungan Allah dari setan karena dia melihat setan,”  HR Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x