Bentuk-bentuk Dzikir dan Bacaan Dzikir Penghapus Dosa Lengkap Arab dan Artinya Serta Keutamaannya

- 29 Juli 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi - Bentuk-bentuk dzikir dan bacaan dzikir penghapus dosa lengkap Arab dan artinya serta keutamaan di dalamnya hingga kapan dibaca.
Ilustrasi - Bentuk-bentuk dzikir dan bacaan dzikir penghapus dosa lengkap Arab dan artinya serta keutamaan di dalamnya hingga kapan dibaca. /Pexels/Alena Darmel

BERITA DIY - Berikut informasi bentuk-bentuk dzikir dan bacaan dzikir penghapus dosa lengkap Arab dan artinya serta keutamaan di dalamnya.

Membaca dzikir baik pagi maupun petang merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Namun pada saja macam atau bentuk-bentuk dari dzikir itu sendiri dan bagaimana bacaan dzikir penghapus dosa, simak di sini.

Dikutip dari laman Unida Gontor, arti kata dzikir dari segi bahasa, berasal dari kata dzakara, yadzkuru, dzukr/dzikr yang artinya merupakan perbuatan dengan lisan (menyebut, menuturkan, mengatakan) dan dengan hati (mengingat dan menyebut).

Baca Juga: Tulisan Arab Latin Doa Sayyidul Istighfar dan Artinya Sebagai Dzikir yang Banyak Manfaat

Sedangkan menurut peristilahan, dzikir tidak terlalu jauh pengertiannya dengan makna-makna lughawinya semula.

Seperti yang diterangkan di dalam kamus modern seperti al-Munawir, al-Munjid, dan lainnya, menggunakan istilah pengertian-pengertian seperti adz-dzikr dengan arti bertasbih, mengagungkan Allah SWT. dan seterusnya.

Berikut merupakan bentuk-bentuk dzikir seperti dikutip dari unida.gontor.ac.id, menurut Ibnu Ata', seorang sufi yang menulis al-Hikam (Kata-Kata Hikmah) membagi dzikir atas tiga bagian:

Baca Juga: Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu Sesuai Sunnah Rasulullah SAW, Urutan dan Tata Cara di Sini

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x