Empty Sella Syndrome Adalah Apa? Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Penyakit yang Diderita Ruben Onsu

- 27 Juli 2022, 18:35 WIB
Apa itu empty sella syndrome, dilengkapi gejala, penyebab, dan cara mengobati penyakit yang diderita Ruben Onsu.
Apa itu empty sella syndrome, dilengkapi gejala, penyebab, dan cara mengobati penyakit yang diderita Ruben Onsu. /Instagram.com @ruben_onsu

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai empty sella syndrome, lengkap beserta gejala, penyebab, dan cara mengobati penyakit yang diderita Ruben Onsu.

Bercak putih yang terdeteksi pada otak presenter Ruben Onsu ternyata menandakan dirinya mengidap empty sella syndrome.

Empty sella syndrome merupakan penyebab dirinya beberapa kali dilarikan ke ICU dan sempat dirawat di RS dalam beberapa waktu.

Melansir dari Healthline, empty sella syndrome adalah kelainan langka yang berhubungan dengan bagian tengkorak yang disebut sella tursika.

Baca Juga: Empty Sella Syndrome itu Apa? Penyakit Langka yang Diidap Ruben Onsu, Berikut Penyebab dan Gejalanya

Sella tursika adalah lekukan di tulang sphenoid di dasar tengkorak yang memegang kelenjar pituitary.

Empty sella syndrome sendiri bukanlah suatu kondisi yang bisa mengancam nyawa. Namun, jika kondisi ini tidak segera diatasi, dapat meningkatkan risiko penyakit kronis lainnya dalam tubuh.

Empty sella syndrom dibagi menjadi dua jenis, yaitu ESS primer dan ESS sekunder. ESS primer sendiri merupakan gangguan yang bisa menyebabkan pengidapnya mengalami sobekan kecil pada membran sejak mereka lahir. Akibatnya, kondisi ini membuat cairan serebrospinal bocor ke dalam sella tursika.

Sedangkan ESS sekunder bisa terjadi karena beberapa hal, seperti trauma kepala, infeksi parah, mengalami tumor hipofisis, dan lainnya. Gangguan ini jika tidak segera diatasi bisa meningkatkan risiko penyakit kronis dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x