Jadwal ANBK 2022 Asesmen Nasional Siswa SD, SMP, dan SMA serta Jadwal Aplikasi Survei Lingkungan Belajar

- 26 Juli 2022, 15:03 WIB
Ilustrasi. jadwal ANBK 2022 asesmen nasional siswa SD, SMP, dan SMA serta jadwal aplikasi survei lingkungan belajar bagi Kepala Sekolah dan Pendidik
Ilustrasi. jadwal ANBK 2022 asesmen nasional siswa SD, SMP, dan SMA serta jadwal aplikasi survei lingkungan belajar bagi Kepala Sekolah dan Pendidik /unsplash/@jeshot

BERITA DIY - Simak informasi lengkap jadwal ANBK 2022 asesmen nasional siswa SD, SMP, dan SMA serta jadwal aplikasi survei lingkungan belajar bagi Kepala Sekolah dan Pendidik.

Kemendikbud telah merilis jadwal ANBK 2022 asesmen nasional untuk siswa SD, SMP, dan SMA.

ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer merupakan program tahunan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek).

ANBK sendiri pertama kali dihadirkan pada 2020 saat masa awal pandemi Covid-19 yang UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang terakhir kali digelar pada 2019 lalu.

Baca Juga: Apa Itu ANBK 2022? Simak Pengertian Lengkap dengan Jadwal Pelaksanaan Untuk SD, SMP, dan SMA

Meski demikian ANBK tidak menentukan kelulusan peserta didik SD, SMP, dan SMA, namun hanya menjadi persiapan asesmen nasional.

ANBK memiliki tujuan sebagai program evaluasi dari Kemendikbud dalam peningkatan mutu pendidikan.

Tak jauh berbeda dengan UNBK, ANBK 2022 dilaksanakan di jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK dan sederajat dengan menghadirkan 3 instrumen yang dipilih dalam metodeloginya yaitu asesmen kompetensi minimum, survey karakter dan survey lingkungan belajar.

Adapun tahapan ANBK 2022 ada tiga macam:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x