15 Twibbon Hari Anak Nasional 23 Juli 2022: Siapa Pelopor Perayaan Hari Anak Nasional Indonesia Ini Sejarahnya

- 23 Juli 2022, 06:36 WIB
Ilustrasi kumpulan Twibbon Hari Anak Nasional 23 Juli 2022: siapa pelopor perayaan Hari Anak Nasional ini sejarahnya.
Ilustrasi kumpulan Twibbon Hari Anak Nasional 23 Juli 2022: siapa pelopor perayaan Hari Anak Nasional ini sejarahnya. /Twbbonize.com/@reviewteknologi.tech

BERITA DIY - Kumpulan peringatan Twibbon Hari Anak Nasional 23 Juli 2022, siapa pelopor perayaan Hari Anak Nasional ini sejarahnya.

Setiap perayaan hari-hari besar yang ada di suatu negara pasti memiliki latar belakang sejarahnya masing-masing termasuk peringatan Hari Anak Nasional di Indonesia.

Lahirnya perayaan Hari Anak Nasional Indonesia memiliki sejarahnya sendiri. Hal tersebut dimulai pada masa pemerintahan Soekarno atau Orde Lama.

Peringatan Hari Anak Nasional di tanah air ini dipelopori oleh gagasan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) yang merupakan salah satu organisasi perempuan Indonesia.

Baca Juga: 30 Link Twibbon Hari Anak Nasional pada Sabtu 23 Juli 2022 Cocok untuk Status WA, IG dan Facebook

Gagasan dari Kowani tentang Hari Kanak-Kanak Indonesia yang dicetuskan pada Kongres I tanggal 22 Desember 1928 menjadi embrio dari Hari Anak Nasional.

Ide tersebut ditindaklanjuti pada tahun 1951 dan tahun 1952 diadakan pekan kanak-kanak di mana anak-anak melakukan pawai di istana merdeka dan disambut langsung oleh Presiden Soekarno.

Setelah itu gagasan tentang Hari Anak Nasional dirumuskan lebih serius dan pada sidang Kowani di Jakarta dan banyak usulan mengenai kapan waktu yang tepat untuk peringatan Hari Anak Nasional.

Kesimpulannya Kowani mengusulkan perayaan Hari Kanak-Kanak diperingati pada tanggal 6 Juli. Ada dua alasan yang dikemukakan oleh Kowani yaitu:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x