Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Lengkap Bacaan Niat, Doa Tobat dan Kapan Waktu Terbaik Melaksanakannya

- 18 Juli 2022, 09:24 WIB
Ilustrasi tata cara sholat taubat nasuha lengkap dengan bacaan niat, doa tobat dan kapan waktu terbaik melaksanakannya.
Ilustrasi tata cara sholat taubat nasuha lengkap dengan bacaan niat, doa tobat dan kapan waktu terbaik melaksanakannya. /Alena Darmel

BERITA DIY - Simak tata cara sholat taubat nasuha lengkap dengan bacaan niat, doa tobat dan kapan waktu terbaik melaksanakannya dalam artikel berikut ini.

Taubat merupakan tindakan penuh kesadaran meminta ampun kepada Allah SWT atas dosa atau kesalahan yang pernah dilakukan.

Sementara itu, taubat nasuha merupakan taubat dengan niat semurni-murninya diiringi komitmen penuh tidak akan mengulangi kesalahan yang pernah diperbuat.

Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk melakukan taubat nasuha dalam Al Quran Surat At Tahrim ayat 8, yang artinya: 

Baca Juga: Doa Taubat Nasuha Sebelum Ajal Menjemput Lengkap Tulisan Latin, Arab, dan Arti Terjemahan Bahasa Indonesia

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS At Tahrim: 8).

Selain itu, dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 22 juga disebutkan Allah SWT menyukai orang-orang yang bertaubat. Berikut artinya:

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS Al Baqarah: 22)

Dikutip dari unida.gontor.ac.id, salah satu perwujudan yang bisa dilakukan dalam taubat nasuha yakni dengan menjalankan sholat taubat. 

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x