Latar Belakang Lahirnya Pancasila Secara Singkat, Sejarah Sebagai Dasar Negara dan Hari Lahir Pancasila

- 16 Juli 2022, 12:05 WIB
Ilustrasi - Latar belakang lahirnya Pancasila secara singkat, sejarah sebagai dasar Negara dan hari lahir Pancasila.
Ilustrasi - Latar belakang lahirnya Pancasila secara singkat, sejarah sebagai dasar Negara dan hari lahir Pancasila. /Instagram.com/@bpipri

BERITA DIY - Simak informasi latar belakang lahirnya Pancasila secara singkat, sejarah sebagai dasar negara dan hari lahir Pancasila.

Seperti diketahui dalam latar belakang lahirnya Pancasila akan ada pertanyaan apa isi sila pertama Pancasila.

Tak hanya itu dalam lahirnya Pancasila juga akan dibahas juga tentang ada hasil sidang umum MPRS, sila pertama Pancasila menunjukan bahwa apa.

Oleh karenanya, simak tentang latar belakang lahirnya Pancasila secara singkat, baik dari segi sejarah sebagai dasar negara.

Baca Juga: Lirik Lagu Edukasi 'Pelajar Pancasila' dari Kikan Namara dan Eka Gustiwana yang Diproduksi Kemdikbud RI

Dikutip dari laman MKRI.id, penegasan Pancasila sebagai dasar negara sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (TAP MPR) Nomor 18 Tahun 1998.

TAP MPR Nomor 18 Tahun 1998 sendiri adalah bersifat deklaratif, bukan TAP MPR yang bersifat final. Demikian merupakan isi dari pendapat dari Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia Sri Edi Swasono.

Mengenai hari lahir Pancasila yang selalu diperingati setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya ini menjadi hari yang selalu diperingati oleh warga negara Indonesia.

Tentu untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah berjasa dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia hingga Indonesia menjadi suatu negara utuh yang berdiri secara merdeka sejak 17 Agustus 1945.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x