Apa itu Tahsin dalam Tilawah Al-Quran? Ini Penjelasan dan Keistimewaannya

- 15 Juli 2022, 13:07 WIB
Pengertian tahsin dalam tilawah al-Quran, ini penjelasan mengenai tahsin dalam tilawah al-Quran yang jarang diketahui dan keutamaanya
Pengertian tahsin dalam tilawah al-Quran, ini penjelasan mengenai tahsin dalam tilawah al-Quran yang jarang diketahui dan keutamaanya /PEXELS/Pok Rie

BERITA DIY – Apa itu Tahsin dalam tilawah al-Quran? Simak penjelasan mengenai tahsin dalam tilawah al-Quran yang jarang diketahui oleh umat muslim.

Tidak hanya pengertian mengenai tahsin dalam tilawah al-Quran, tetapi juga mengenai keutamaan dalam membaca al-Quran.

Menurut para ulama, tahsin adalah sifat yang sempurna. Segala bentuk penyempurnaan atau upaya perbaikan dapat dikatakan tahsin.

Dikutip BERITA DIY dari Panduan Praktis & Lengkap Tahsin, Tajwid, Tahfiz untuk Pemula yang menjelaskan bahwa istilah kata tahsin berasal dari hassana-yuhassinu-tahsiinan, memiliki arti memperbaiki, mempercantik, atau membaguskan.

Jika dikaitkan dengan tilawah, tahsin adalah suatu metode peningkatan bacaan Al-Qur'an berbasis tajwid, baik dari segi makhraj huruf, sifat huruf maupun estetika bacaannya.

Baca Juga: Doa Sujud Sajadah atau Tilawah yang Dibaca Saat Menemukan Ayat Sajadah dalam Al-Quran

Keistimewaan dari Tahsin Tilawah

Perlu diketahui bahwa, menjalankan amalan dengan penuh kesadaran dan tulus akan menghasilkan perbuatan baik yang tak tertandingi.

Juga perbaiki bacaan Al Quran dengan metode tahsin tahsin. Bagi yang belum tahu, inilah ciri bacaan tahsin.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x