Cara Menghitung Tagihan Listrik Per Bulan Berdasarkan Stand Meter

- 12 Juli 2022, 17:17 WIB
Cara menghitung tagihan listrik perbulannya berdasarkan stand meter.
Cara menghitung tagihan listrik perbulannya berdasarkan stand meter. /PIXABAY/jarmoluk

BERITA DIY - Berikut cara menghitung tagihan listrik per bulan berdasarkan stand meter.

Cara menghitung tagihan listrik ternyata sangat mudah untuk dilakukan. Metode ini dapat digunakan selain menjadi alternatif untuk menghitung tagihan juga dapat digunakan untuk membandingkan tagihan listrik yang biasanya dilakukan secara otomatis.

Biasanya, tagihan listrik didasarkan pada jumlah meter yang digunakan setiap bulannya. Namun perhitungan juga didasarkan menggunakan besaran kWh listrik dari penyedia yakni PLN.

Perlu diketahui bahwa perhitungan listrik pada umumnya diukur berdasarkan total energi yang digunakan. Adapun jangka waktu yang digunakan yakni setiap bulan dan dibayarkan setiap sebelum tanggal 20.

Baca Juga: Cara Cek Dan Bayar Tagihan Listrik Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Penetapan biaya tagihan listrik didasarkan pada penggunaan listrik. Besaran setiap kWh memiliki harga yang berbeda jika dihitung dari kWh yang digunakan.

Besaran harga cukup variatif dan tidak dapat dipastikan kenaikan harga setiap kWh. Hal tersebut diketahui berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No 28 Tahun 2016 Tentang Tarif Tenaga Listrik yang Disediakan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Dalam peraturan menteri tersebut, harga tarif listrik tidak bisa dipastikan jumlahnya. Tarif listrik mengikuti sejumlah acuan untuk penetapan harga seperti kurs dollar atas rupiah, harga bahan bakar pembangkit listrik, dan inflasi ekonomi.

Namun dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tersebut menyebutkan ada 13 golongan pengguna listrik.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah