Teks Khutbah Idul Adha 2022 PDF Tentang Hikmah Ibadah Qurban Singkat, Padat dan Mengharukan

- 8 Juli 2022, 13:13 WIB
Ilustrasi khutbah Idul Adha 1443 H tema Hikmah Ibadah Qurban lengkap, singkat, padat, dan mengharukan sesuai sunnah tentang qurban.
Ilustrasi khutbah Idul Adha 1443 H tema Hikmah Ibadah Qurban lengkap, singkat, padat, dan mengharukan sesuai sunnah tentang qurban. /Freepik/wirestock

BERITA DIY - Berikut merupakan teks khutbah Idul Adha 2022 yang bertemakan Hikmah Ibadah qurban. Simak selengkapnya  karena materi khutbah Idul Adha 2022 singkat, padat, dan mengharukan.

Hari Raya Idul Adha 2022 telah ditetapkan sebelumnya oleh Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah. Adapun tanggal dari lebaran haji  tersebut adalah 9 Juli 2022 bagi kalangan Muhammadiyah dan 10 Juli 2022 bagi kalangan Pemerintah dan NU.

Idul Adha adalah hari di mana umat Islam melaksanakan ibadah kurban. Selain itu, umat Islam juga melaksanakan ibadah sholat Ied di mana Khutbah Idul Adha menjadi salah satu hal yang wajib menjadi bagian dari rangkaian ibadah.

Semakin dekatnya Hari Raya Idul Adha 1443 H membuat banyak orang mencari materi atau teks khutbah. Teks khutbah yang saat ini banyak dicari yakni yang berkaitan dengan ibadah qurban.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Singkat Menyambut Lebaran Idul Adha 2022 tentang Keutamaan Puasa Arafah yang Menyentuh Hati

Teks khutbah Idul Adha 2022 di sini juga diengkapi dengan file pdf yang dapat diunduh. Adapun link yang dapat diakses untuk download file disertakan pada akhir tulisan.

Berikut merupakan referensi teks khutbah Idul Adha 2022 atau 10 Dzulhijjah 2022 yang dihimpun dari kemenagponorogo.go.id oleh Kyai. Ayyub Ahdiyan Syams, S.H.

اللهُ أَكْبَرُ)*9 ) اللهُ أَكْبَرُكَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اهللِ بُكْرَةً وَاَصِيْالً
آلاِلهَ اِالَ اهللُ وَاهللُ اَكْبَرُ اهللُ اَكْبَرُ وَِهللِ الْحَمْدُ.
اَلْحَمْدُ هلل مُبْتَدِعِ الْبَدَائِعِ. وَشَارِعِ السُّنَنِ وَالشَّرَائِعِ. الَّذِىْ شَمِلَ اِحْسَانُهُ وَلُطْفُهُ. اَحْمَدُهُ عَلَى
نِعَمِهِ الْغِزَارِ. وَاَشْكُرُهُ عَلَى قِسَمِهِ الْمِدْرَارِ. وَاَسْتَغْفِرُهُ للذُّنُوْبِ واالوْزَارِ.
وَاَشْهَدُ لَهُ بِالْخُضُوْعِ وَاالقْرَارِ. شَهَادَةً صَادِقَةَ االضْمَارِ. وَاضِحَةَ االظْهَارِ. اَنَّهُ الَ شَرِيْكَ لَهُ
رَبُّ مَكَّةَ وَالزُّوَارِ. والْبَيْتِ وَاالَسْتَارِ. وَالْحَرَمِ وَاالَشْعَارِ. وَالرَّامِيْنَ بالْجِمَارِ. وَالْمُتَكَبِّرِيْنَ
بِالتَّلْبِيَةِ وَاالِسْتِغْفَارِ. وَالْمُتَهَجِّدِيْنَ بِاالسْحَارِ.
وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ الْمُخْتَارُ. اَرْسَلَهُ مِنْ اَكْرَمِ نَزَارٍ. وَاَزْكَى مَنْصِبٍ وَفَخَارٍ. الْهَادىْ اِلَى
اَوْضَحِ مَنَارٍ. الدَّاعِىْ اِلَى دَارِ الْقَرَار. الْهَادِمِ دَعَائِمَ الْكُفَّارِ. صَلَّى اهلل عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
وَعَلَى الِهِ االَطْهَارِ. وَاَصْحَابِهِ االَخْيَارِ. آنَاءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارِ.

Baca Juga: Teks Surat Yasin 83 Ayat Lengkap Arab Latin PDF & Bacaan Tahlil Lengkap NU untuk Tahlilan Yasinan Malam Jumat

عِبَادَ اهللِ اِنَّ يَوْمَكُمْ هَذَا يَوْمٌ عَظِيْمٌ عَظَّمَ اهللُ قَدْرَهُ وَشَرَّفَهُ. وَاَعْلَى فِى االَنَامِ ذِكْرَهُ وَعَرَّفَهُ.
وَهُوَ الْيَوْمُ االَزْهَرُ. وَالْحَجُّ االكْبَرُ. خَصَّهُ اهللُ تَعَالَى بِشَعَائِرِهِ. وَشَرَّفَهُ بِمَاَثِرِهِ وَاخْتَارَهُ عَلَى
االيَّامِ.

Jamaah shalat Idul Adha yang berbahagia.

 Alhamdulillah, tentu merupakan suatu kenikmatan dan kebahagiaan yang tak terhingga bahwa pada hari ini kita merayakan hari raya Idul Adha 1443 H, hari raya terbesar bagi umat Islam diseluruh dunia setelah dua bulan sebelumnya kita merayakan hari raya Idul Fitri.

Pada hari ini sekitar tiga juta umat Islam dari beragam suku, bangsa dan ras serta dari berbagai tingkat sosial dan penjuru dunia berkumpul dan berbaur di kota suci Makkah Al-Mukarramah untuk memenuhi panggilan Allah  menunaikan ibadah haji:

وَاَذِّنۡ فِى النَّاسِ بِالۡحَجِّ يَاۡتُوۡكَ رِجَالًا وَّعَلٰى كُلِّ ضَامِرٍ يَّاۡتِيۡنَ مِنۡ كُلِّ فَجٍّ عَمِيۡقٍ

Baca Juga: Teks Khutbah Idul Adha 2022 Singkat, Mengharukan dan Menggetarkan Hati tentang Kurban dan Ujian Kesabaran

Artinya : “Dan serulah manusia untuk menunaikan ibadah haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang  jauh“. (Al-Hajj: 27)

Hari raya Idul Adha juga merupakan hari raya istimewa karena ada dua ibadah Mulia yang dilaksanakan pada hari raya ini yaitu ibadah haji dan ibadah qurban. Kedua-duanya disebutkan dalam Al-Qur'an sebagai salah satu dari syi’ar-syi’ar Allah swt yang harus dihormati dan diagungkan oleh hamba-hambaNya.

Bahkan mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah merupakan pertanda dan bukti akan ketaqwaan seseorang seperti yang ditegaskan dalam firmanNya:

ذٰلِكَ وَمَنۡ يُّعَظِّمۡ شَعَآٮِٕرَ اللّٰهِ فَاِنَّهَا مِنۡ تَقۡوَى الۡقُلُوۡبِ

Artinya : “Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati”. (Al-Hajj: 32)

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x