Hari Raya Idul Adha NU, Muhammadiyah dan Pemerintah 2022 Tanggal Berapa? Simak Lebaran Haji di Mekkah Kapan

- 7 Juli 2022, 21:34 WIB
Idul Adha 2022 tanggal berapa, kalender libur 2022, lebaran Idul Adha NU tanggal berapa, lebaran Idul Adha di Mekkah dan di Indonesia.
Idul Adha 2022 tanggal berapa, kalender libur 2022, lebaran Idul Adha NU tanggal berapa, lebaran Idul Adha di Mekkah dan di Indonesia. /PIXABAY/@fuad787041/4 images"

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari info Idul Adha 2022 tanggal berapa, kalender libur 2022, lebaran Idul Adha NU tanggal berapa, lebaran Idul Adha di Mekkah dan di Indonesia.

Yuk simak hari raya Idul Adha NU, Muhammadiyah dan Pemerintah pada tahun 2022 tanggal berapa. Berikut ini tanggal berapa lebaran haji di Mekkah dan di Indonesia.

Kemenag menyampaikan penjelasan perihal perbedaan penetapan waktu Idul Adha 1443 Hijriah di Indonesia dan Arab Saudi setelah pemerintah mengumumkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Juli 2022.

Sebab Arab Saudi menetapkan Idul Adha jatuh pada 9 Juli 2022. Idul Adha di Arab Saudi sendiri tanggalnya sama seperti yang ditetapkan Muhammadiyah.

Baca Juga: Lebaran Idul Adha 2022 Tanggal Berapa, NU Berapa Hari Lagi? Ini SKB 3 Menteri Cuti Bersama Libur Tanggal Merah

"Waktu di Indonesia lebih cepat empat jam, tetapi hilal justru mungkin terlihat lebih dahulu di Arab Saudi, karena terlihatnya di sebelah barat pada saat matahari terbenam atau dikenal dengan istilah ghurub asy-syams," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib.

Adib menjelaskan bahwa semakin ke arah barat, seiring dengan bertambahnya waktu posisi hilal atau fase bulan sabit setelah bulan baru akan semakin tinggi dan semakin mudah dilihat.

Karena Arab Saudi berada di sebelah barat Indonesia, ia melanjutkan, pada tanggal yang sama posisi hilal di kerajaan itu lebih tinggi dibandingkan dengan di Indonesia.

"Jadi kurang tepat jika memahami karena Indonesia lebih cepat empat jam dari Arab Saudi, maka Indonesia mestinya melaksanakan Hari Raya Idul Adha 1443 H juga lebih awal. Jelas pemahaman ini kurang tepat," katanya.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x