Cara Mengolah Daging Kurban Idul Adha 2022 Pada Wabah PMK Penyakit Sapi dan Kambing Agar Tidak Menular

- 7 Juli 2022, 16:40 WIB
Tips cara mengolah daging kurban Idul Adha 2022 di kala ada wabah PMK penyakit mulut dan kuku pada sapi dan kambing agar tidak menular.
Tips cara mengolah daging kurban Idul Adha 2022 di kala ada wabah PMK penyakit mulut dan kuku pada sapi dan kambing agar tidak menular. /ANTARA/Hendra Kurniawan

BERITA DIY - Begini cara mengolah daging kurban Idul Adha 2022 di kala ada wabah PMK penyakit mulut dan kuku pada sapi dan kambing agar tidak menular.

Jelang Idul Adha 2022, wabah PMK pada hewan ternak sapi dan kambing menjadi persoalan yang perlu diwaspadai.

Wabah PMK adalah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak sapi dan kambing yang muncul kembali di Indonesia sejak 1990.

Dilansir dari litbang.pertanian.go.id, penyakit PMK pada sapi dan kambing disebabkan virus menular bernama Aphthovirus dari famili Picornaviridae.

Baca Juga: Simak Cara Memilih Hewan Kurban Aman dari PMK, Disertai Tata Cara Melaksanakan Kurban Idul Adha dengan Benar

Tak hanya sapi dan kambing sebagai kurban Idul Adha 2022, hewan ternak yang bisa tertular penyakit PMK adalah kerbau, unta, domba, rusa, dan babi.

Hingga akhir Juni 2022, telah ada laporan wabah PMK menyerang hewan ternak di 16 provinsi antara lain: Aceh, Bangka Belitung, Banten, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Riau dan Sumatra Utara.

Kemudian, wabah PMK pada sapi dan kambing kurban Idul Adha 2022 ini direspon dengan fatwa MUI Nomor 32 Tahun 2022 menjelaskan ciri hewan yang masih sah dijadikan sebagai hewan kurban.

Baca Juga: Terbaru! Ini Panduan Pelaksanaan Salat Hari Raya Idul Adha dan Kurban 2022 dari Kemenag di Tengah Wabah PMK

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x