5 Hari yang Diharamkan untuk Berpuasa dalam Islam: Ini Tanggal, Penjelasan, dan Dasar Hukum Dilarang Berpuasa

- 5 Juli 2022, 09:10 WIB
Ilustrasi. Ada waktu-waktu yang diharamkan untuk berpuasa dalam Islam: ini tanggal, penjelasan, dan dasar hukum dilarang berpuasa.
Ilustrasi. Ada waktu-waktu yang diharamkan untuk berpuasa dalam Islam: ini tanggal, penjelasan, dan dasar hukum dilarang berpuasa. /PIXABAY/@allyballyAb

BERITA DIY - Berikut informasi tentang lima hari yang diharamkan untuk berpuasa dalam Islam, lengkap dengan tanggal, penjelasan, dan dasar hukum dilarang berpuasa pada waktu tersebut.

Dalam ajaran Islam ibadah puasa ada yang wajib dan ada yang sunah. Ibadah puasa yang wajib yaitu dilakukan pada bulan Ramadhan selama satu bulan penuh.

Ibadah puasa sunah dalam Islam banyak contohnya seperti Puasa Senin Kamis, Puasa Daud, Puasa Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah, dan Puasa Arafah. Puasa-puasa sunah tersebut memiliki keutamaannya masing-masing.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam ajaran Islam juga terdapat waktu-waktu atau hari yang diharamkan untuk berpuasa. Untuk mengetahui hari apa saja yang diharamkan untuk berpuasa dalam Islam baca artikel ini sampai selesai.

Baca Juga: Hukum Melaksanakan Puasa Arafah di Bulan Dzulhijjah Sebelum Idul Adha: Simak Niat dan Tanggal Dilaksanakan

Dikutip dari NU Jatim, berikut ini lima hari yang diharamkan untuk berpuasa dalam Islam lengkap dengan penjelasan, tanggal, dan dasar hukumnya:

1. Hari Raya Idul Fitri

Hari yang diharamkan untuk melaksanakan puasa yang pertama yaitu Hari Raya Idul Fitri yaitu tanggal 1 Syawal. Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam yang dirayakan dengan penuh kegembiraan.

Pada hari tersebut diharamkan diharamkan untuk melakukan puasa. Larangan berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri salah satu dasar hukumnya yaitu hadi Nabi Muhammad SAW.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x