Bacaan Doa Akhir Tahun Dzulhijjah dan Doa Awal Tahun 1 Muharram atau 1 Suro, Kapan Dibaca dan Berapa Kali?

- 4 Juli 2022, 16:23 WIB
Ilustrasi membaca doa akhir tahun bulan Dzulhijjah beserta awal tahun di bulan Muharram atau tanggal 1 Suro.
Ilustrasi membaca doa akhir tahun bulan Dzulhijjah beserta awal tahun di bulan Muharram atau tanggal 1 Suro. /Pixabay.com/@darwisalwan

BERITA DIY - Simak bacaan doa akhir tahun Dzulhijjah dan awal tahun 1 Muharram atau 1 Suro pada kalender Hijriyah beserta kapan dibaca dan berapa kali.

Berikut bacaan doa akhir tahun di bulan Dzulhijjah maupun awal tahun 1 Muharram atau masyarakat Indonesia sering menyebut 1 Suro.

Saat ini telah memasuki akhir tahun pada kalender 1443 Hijriyah, yaitu bulan Dzulhijjah. Sementara pergantian tahun akan dimulai dengan bulan Muharram.

Ada bacaan doa tersendiri bagi umat Islam pada bulan Dzulhijjah sebagai akhir tahun Hijriyah maupun di bulan Muharram yang merupakan bulan pertama.

Baca Juga: Doa untuk Jenazah Perempuan Lengkap dengan Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Jenazah

Kementerian Agama (Kemenag) telah melakukan Sidang Isbat yang menentukan awal bulan Dzulhijjah 1443 Hijriyah beberapa waktu lalu.

Hasil Sidang Isbat memutuskan bahwa tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022. Hal inilah yang juga menjadi landasan Kemenag menetapkan kapan Hari Raya Idul Adha.

Idul Adha jatuh pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Dengan demikian perayaan yang juga disebut Lebaran Haji bertepatan pada Minggu, 10 Juli 2022.

Ternyata bulan Dzulhijjah adalah bulan ke-12 atau terakhir dalam urutan kalender Hijriyah. Sehingga pergantian tahun akan terjadi sebentar lagi.

Baca Juga: Bacaan Kalimat Sebelum dan Sesudah Berdoa Agar Doa Sampai Ke Pintu Langit, Ini Kata Ustadz Abdul Somad

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x