Cara Mengganti Hutang Puasa Tahun Lalu, dan Apa Boleh Digabung dengan Puasa Sunnah Dzulhijjah?

- 4 Juli 2022, 12:26 WIB
Ilustrasi cara mengganti hutang puasa tahun lalu yang belum dibayarkan dan apa boleh digabung dengan puasa sunnah Dzulhijjah? Lengkap niat puasa qadha jelang Idul Adha tersebut.
Ilustrasi cara mengganti hutang puasa tahun lalu yang belum dibayarkan dan apa boleh digabung dengan puasa sunnah Dzulhijjah? Lengkap niat puasa qadha jelang Idul Adha tersebut. /PIXABAY/@mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak penjelasan cara mengganti hutang puasa tahun lalu yang belum dibayarkan dan apa boleh digabung dengan puasa sunnah Dzulhijjah? Lengkap niat puasa qadha jelang Idul Adha tersebut.

Dalam sistem penanggalan Masehi, bulan Zulhijah jatuh pada bulan Juli. Bulan ini identik dengan ibadah haji dan pelaksanaan kurban pada hari raya Idul Adha.

Pada bulan ini, terdapat banyak amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan, salah satunya adalah berpuasa sunah. Lalu bagaimanakah dengan umat muslim yang ingin puasa sunnah Dzulhijjah namun masih memiliki utang puasa?

Baca Juga: Niat Puasa Dzulhijjah Hari ke 5 Menyambut Idul Adha 2022 dalam Tulisan Latin dan Arti Bahasa Indonesia

Melunasi utang puasa atau melakukan puasa qadha' Ramadhan wajib hukumnya. Sedangkan puasa Dzulhijjah sunnah hukumnya. Maka dari itu, sebaiknya umat muslim mendahulukan yang wajib daripada yang sunnah.

Adapun hadits dari Abu Hurairah terkait hukum mendahulukan yang ibadah yang wajib dari yang sunnah sebagai berikut.

من صام تطوّعاً وعليه من رمضان شيء لم يقضه فإنّه لا يتقبّل منه حتّى يصومه

“Barangsiapa yang melakukan puasa sunnah namun masih memiliki utang puasa Ramadhan, maka puasa sunnah tersebut tidak akan diterima sampai ia menunaikan yang wajib.”

Baca Juga: Keistimewaan Puasa Arafah Bulan Dzulhijjah Jelang Idul Adha, Salah Satunya Hapus Dosa Selama 2 Tahun

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x