Keistimewaan Puasa Arafah di Bulan Dzulhijjah Jelang Idul Adha 2022 Lengkap Keutamaan Berdasar Dalil

- 3 Juli 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi. Cek keistimewaan puasa Arafah di bulan Dzulhijjah jelang Idul Adha 2022 lengkap keutamaan berdasar dalil sahih.
Ilustrasi. Cek keistimewaan puasa Arafah di bulan Dzulhijjah jelang Idul Adha 2022 lengkap keutamaan berdasar dalil sahih. /PIXABAY/@Konevi

BERITA DIY - Berikut keistimewaan puasa Arafah di bulan Dzulhijjah jelang Idul Adha 2022 lengkap keutamaan berdasar dalil sahih.

Di bulan Dzulhijjah, umat Islam punya sejumlah kegiatan sunnah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pahala.

Seperti puasa Arafah yang punya keutamaan mendapatkan pahala jika dilakukan. Dan tidak berdosa jika tak dilakukan.

Selain Arafah, ada pula puasa Tarwiyah. Lantas, apa keistimewaan puasa Arafah yang ada di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah?

Baca Juga: 7 Amalan Sunnah dalam Hari Raya Idul Adha yang Harus Diketahui oleh Umat Islam dan Memiliki Banyak Keutamaan

Dalil hadist riwayat At-Tirmidzi menyatakan "Rasulullah SAW bersabda: Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini."

Pahala setara dengan orang mati syahid

Puasa bulan Dzulhijjah yang dilakukan pada 1-7 hari pertama punya keutamaan bagi orang yang menjalani akan mendapat pahala setara dengan orang yang mati syahid.

"Apakah jihad juga tidak sebanding dengan beramal pada sepuluh hari tersebut?" Rasulullah menjawab, "Tidak, kecuali ia mengorbankan harta dan jiwanya di jalan Allah (mati syahid)," jelas hadis riwayat Ibnu Majah.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x