Kapan Puasa Arafah 2022 Dilakukan? Bacaan Niat Puasa Arafah dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahnya

- 3 Juli 2022, 19:10 WIB
Ilustrasi. Bacaan niat Puasa Arafah yang dilakukan pada 9 Dzulhijjah 1443 H atau Sabtu, 9 Juli 2022 mendatang dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemah yang dapat hapuskan pahala selama dua tahun.
Ilustrasi. Bacaan niat Puasa Arafah yang dilakukan pada 9 Dzulhijjah 1443 H atau Sabtu, 9 Juli 2022 mendatang dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemah yang dapat hapuskan pahala selama dua tahun. /PIXABAY/pictavio

BERITA DIY – Simak informasi mengenai bacaan niat Puasa Arafah yang dilakukan sehari menjelang Hari Raya Idul Adha pada 9 Dzulhijjah 1443 H atau Sabtu, 9 Juli 2022 mendatang.

Menjelang datangnya tanggal Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, umat Islam di seluruh dunia akan menyambut satu hari penting yang disunnahkan untuk berpuasa.

Hari tersebut adalah hari Arafah yang jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah atau pada Sabtu, 9 Juli 2022 mendatang.

Puasa Arafah dilakukan pada 9 Dzulhijjah atau satu hari sebelum hari raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah tiap tahunnya.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Sunnah Dzulhijjah 1-9, Puasa Arafah, Tarwiyah Lengkap Arab, Latin dan Artinya Indonesia

Hari Arafah sendiri adalah waktu dimana jemaah haji di Tanah Suci Mekkah melaksanakan wukuf di Arafah yang dilakukan dari terbenamnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah hingga fajar terbit pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Untuk memperingati hari tersebut, bagi umat Islam yang tidak sedang melaksanakan haji disunnahkan untuk melaksanakan ibadah puasa pada tanggal tersebut sebagai salah satu cara untuk mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah SWT.

Pentingnya berpuasa dalam hari Arafah tersebut juga terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang berbunyi:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x