Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Sederhana Menggunakan Santan Rasanya Enak dan Gurih untuk Menu Lebaran

- 3 Juli 2022, 17:10 WIB
Ilustrasi resep dan cara membuat opor ayam sederhana menggunakan santan rasanya enak dan gurih untuk menu lebaran.
Ilustrasi resep dan cara membuat opor ayam sederhana menggunakan santan rasanya enak dan gurih untuk menu lebaran. /Tangkap layar YouTube.com/@tri pujis

BERITA DIY - Simak informasi resep opor ayam sederhana mudah dibuat menggunakan santan rasanya enak dan gurih untuk menu lebaran. Siapa yang tidak mengenal dengan opor ayam salah satu hidangan paling mudah ditemukan saat umat Islam merayakan lebaran.

Opor ayam menjadi salah satu menu rumahan yang sering disajikan bersamaan dengan lontong atau ketupat. Ada beberapa yang perlu diperhatikan saat memasak opor ayam sehingga rasanya tetap enak dan gurih.

Pertama yang harus diperhatikan saat memasak opor ayam adalah jenis ayamnya. Jika menggunakan ayam kampung yang besar atau tua, maka sebaiknya rebus terlebih dahulu secara terpisah.

Hal ini bertujuan supaya dagingnya empuk, Anda bisa merebus ayam tersebut secara terpisah selama kurang lebih sepuluh menit.

Baca Juga: Resep dan Cara Mudah Membuat Rendang Sapi Bumbu Meresap, Rasanya Empuk, dan Awet Tahan Lama

Yang kedua pastikan juga untuk mencuci bersih ayam sebelum dimasak sehingga aroma anyirnya hilang. Bisa juga menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada ayam.

Ketiga yaitu teknik memasak juga menentukan rasa opor ayam yang dihasilkan. Setelah memasukan santan opor ayam jangan diaduk terlalu sering sehingga santannya tidak pecah.

Masak opor ayam menggunakan api sedang supaya airnya tidak terserap habis sebelum daging ayam empuk dan matang.

Berikut ini resep opor ayam sederhana mudah dibuat menggunakan santan rasanya enak dan gurih untuk menu lebaran:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x