Cara Mengolah Daging Kurban Idul Adha 2022: Masak dengan Benar dan Aman di Tengah Wabah PMK

- 2 Juli 2022, 09:48 WIB
Ilustrasi daging kurban, cara mengolah daging kurban Idul Adha 2022 untuk dimasak dengan benar dan aman di tengah maraknya wabah PM.
Ilustrasi daging kurban, cara mengolah daging kurban Idul Adha 2022 untuk dimasak dengan benar dan aman di tengah maraknya wabah PM. /PIXABAY/@u-rt5bpvly

BERITA DIY - Berikut cara mengolah daging kurban Idul Adha 2022 untuk dimasak dengan benar dan aman di tengah wabah PMK.

Memakan daging hewan kurban merupakan Salah satu hal yang selalu diidentikan dengan hari besar Idul Adha.

Menjelang Idul Adha 2022 yang tinggal menghitung hari, Indonesia tengah dilanda dengan kasus Penyakit Mulut Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak.

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) merupakan penyakit menular yang menyerang hewan ternak atau hewan liar berkuku belah seperti sapi, kerbau, kambing, domba yang mana juga sebagai hewan kurban.

Baca Juga: Idul Adha 2022: Orang Berkurban Dapat Daging Berapa? Pembagian Daging Kurban dalam Islam dan Landasan Hukumnya

Munculnya PMK pada hewan seperti sapi dan kambing disebabkan oleh virus yang dinamai foot and mouth disease virus (FMDV).

Sehingga, di tengah merebaknya PMK, kita sepatutnya mengolah daging kurban dengan baik sebelum diolah menjadi masakan dan dihidangkan di rumah bersama keluarga.

Lalu, bagaimana cara mengolah daging kurban yang benar dan aman di tengah wabah PMK?

Dikutip dari unggahan instagram ditjen_pkh, ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengolah daging hewan kurban agar mencegah penyebaran PMK.

Berikut cara mengolah daging kurban untuk dimasak yang baik dan aman di tengah wabah PMK:

Baca Juga: Resep Tongseng Daging Kambing Pedas, Empuk, dan Tidak Bau untuk Referensi Masakan Idul Adha 2022

1. Rebus daging sebelum diolah

Saat setelah menerima daging kurban, Anda tidak perlu mencuci daging terlebih dahulu untuk diolah.

Anda bisa menggantinya dengan cara merebus daging selama 30 menit di air mendidih untuk mematikan bakteri yang ada pada daging kurban.

2. Bekukan daging

Setelah Anda menerima daging kurban namun tidak ingin langsung mengolahnya menjadi masakan, maka anda harus membekukan daging.

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Membuat Daging Sapi dan Kambing Empuk, Harga Murah, Mudah Didapat Lengkap Cara Menggunakan

Simpan daging di freezer bersama dengan kemasan daging dengan suhu dingin (chiller) minimal selama 24 jam dan nantinya daging akan membeku.

3. Rebus Jeroan

Jika Anda menerima jeroan hewan kurban seperti sapi atau kambing, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merebusnya.

Rebus jeroan selama 30 menit dalam air mendidih sebelum disimpan di kulkas atau diolah menjadi masakan.

Baca Juga: Cara Mudah Memasak Daging Sapi dan Kambing Biar Empuk, Hemat Gas, Tanpa Panci Presto dengan Teknik 5-30-7

4. Bersihkan kemasan daging

Setelah Anda selesai mengolah daging hewan kurban, jangan buru-buru untuk membuat bungkus atau kemasan dagingnya.

Rendam dahulu bungkus daging dengan deterjen atau cuka dapur untuk mencegah pencemaran virus ke lingkungan sekitar.

Langkah-langkah diatas bisa dilakukan untuk meminimalisir penyebaran PMK dan menjaga keluarga tetap aman saat mengkonsumsi daging olahan hewan kurban.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Soto Daging Sapi Kuah Bening Ala Anak Kos untuk Menu Buka Puasa dan Sahur

Demikian informasi  cara mengolah daging kurban Idul Adha 2022 untuk dimasak dengan benar dan aman di tengah wabah PMK.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x