Apa Bedanya Kurban dan Aqiqah dan Mana yang Harus Didahulukan? Ini Penjelasan Dari Para Imam Terdahulu

- 1 Juli 2022, 14:13 WIB
Ilustrasi - Apa perbedaan kurban dan aqiqah dan mana yang harus didahulukan? Pertanyaan yangs ering muncul menjelang hari raya Idul Adha.
Ilustrasi - Apa perbedaan kurban dan aqiqah dan mana yang harus didahulukan? Pertanyaan yangs ering muncul menjelang hari raya Idul Adha. /Tangkap layar sumber.belajar.kemdikbud.go.id

BERITA DIY – Apa perbedaan kurban dan aqiqah dan mana yang harus didahulukan? Pertanyaan yangs ering muncul menjelang hari raya Idul Adha.

Secara umum, kurban dan aqiqah tidak bisa dipisahkan dengan penyembelihan hewan. Agar tidak membingungkan antara kurban dan aqiqah, maka kita membahas dulu kedudukan keduanya.

Pertama, aqiqah adalah penyembelihan hewan untuk anak yang baru lahir sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas anugerahnya, dengan niat dan syarat-syarat tertentu.

Aqiqah pada awalnya untuk bayi baru lahir, bahkan dianjurkan dilaksanakan sebelum hari ketujuh selepas persalinan.

Baca Juga: Doa Menyembelih Hewan Kurban Saat Idul Adha dalam Arab, latin, dan Terjemahan Beserta Tata Cara Penyembelihan

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW., bahwasannya:

مَعَ الغُلاَمِ عَقِيقَةٌ

"Aqiqah menyertai lahirnya seorang bayi," (H.R. Bukhari).

Namun dalam pelaksanaanya, aqiqah tidak diberi kelonggaran tidak hanya anak berusia tujuh hari, tetapi bisa dilaksanakan kepada orang tua hingga anak sampai usia baligh.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x