Doa Menyembelih Hewan Kurban Saat Idul Adha dalam Arab, latin, dan Terjemahan Beserta Tata Cara Penyembelihan

- 1 Juli 2022, 14:05 WIB
Ilustrasi - Doa menyembelih hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha dalam Arab, latin, dan terjemahan beserta tata cara penyembelihan.
Ilustrasi - Doa menyembelih hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha dalam Arab, latin, dan terjemahan beserta tata cara penyembelihan. /PIXABAY/@ulleo

BERITA DIY – Berikut merupakan doa menyembelih hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha dalam Arab, latin, dan terjemahan bahasa Indonesia beserta tata cara penyembelihan.

Hari Raya Kurban atau Idul Adha 1443 Hijriah tinggal menghitung hari. Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Juli 2022.

Pada Hari Raya Idul Adha umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban, sebagai bentuk ibadah dan juga ketaatan mengikuti perintah Allah SWT.

Hukum menunaikan kurban adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan) untuk setiap orang dan sunnah kifayah (kolektif) untuk satu keluarga.

Baca Juga: Apakah Kuda Bisa untuk Kurban? Ini Jenis Hewan-Hewan yang Bisa Digunakan Buat Kurban, Selain Kambing dan Sapi

Waktu penyembelihan hewan kurban yaitu setelah terbitnya matahari ditambah perkiraan waktu melaksanakan sholat dan dua khutbah Hari Raya Idul Adha (10 dzulhijjah).

Lalu waktu penyembelihan berlanjut hingga tiga hari sebelum terbenamnya matahari di akhir hari Tasyrik (13 dzulhijjah).

Dalil mengenai hewan kurban adalah sebagai berikut:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x