Bacaan Niat Sholat Sunnah Qobliyah dan Badiyah Sebelum dan Sesudah Sholat Jumat Arab, Latin, serta Artinya

- 1 Juli 2022, 11:15 WIB
Ilustrasi - Bacaan niat sholat sunnah Qobliyah dan Badiyah yang dikerjakan sebelum dan sesudah sholat Jumat lengkap Arab, latin, dan artinya.
Ilustrasi - Bacaan niat sholat sunnah Qobliyah dan Badiyah yang dikerjakan sebelum dan sesudah sholat Jumat lengkap Arab, latin, dan artinya. /Pixabay/Sharon

BERITA DIY - Berikut bacaan niat sholat sunnah Qobliyah dan Badiyah yang dikerjakan sebelum dan sesudah sholat Jumat berjamaah lengkap tulisan Arab, latin, dan artinya.

Sebelum dan sesudah mengerjakan sholat Jumat berjamaah ada sholat sunnah dua rakaat yang bisa dikerjakan yakni sholat sunnah Qobliyah dan Badiyah.

Sholat sunnah Qobliyah merupakan ibadah sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan sebelum sholat Jumat ketika baru datang atau memasuki masjid.

Sementara sholat sunnah Badiyah merupakan ibadah sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan setelah dilaksanakannya sholat Jumat berjamaah sebelum pulang.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Sunnah Qobliyah sebelum Jumatan Tulisan Latin Lengkap dengan Arab dan Terjemahan Indonesia

Anjuran mengerjakan sholat sunnah Qobliyah dan Badiyah sebelum dan sesudah sholat Jumat terdapat dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Ibnu Majah berikut:

"Suatu hari datanglah seorang laki-laki bernama Sulayk al Ghanthafani ke masjid. Ketika Nabi Muhammad SAW sedang berkhutbah, dia bertanya 'Apakah kamu sudah sholat sebelum datang ke sini?', lalu Sulayk menjawab 'Belum'. Kemudian Nabi Muhammad SAW bersabda 'Sholatlah dua rakaat dan ringankanlah (jangan membaca surat panjang)'." (HR. Ibnu Majah).

Dalam hadist lain Rasulullah SAW bersabda:

“Shalat Jumat itu hak yang wajib dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam dengan berjamaah, kecuali empat macam orang, (1) Hamba sahaya yang dimiliki, (2) perempuan, (3) anak-anak, (4) orang sakit.” (HR. Abu Dawud dan Hakim).

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x