Cek Rekening! Gaji 13 PNS, TNI dan Polri Cair Mulai Hari Ini, Berikut Hitungan dan Jumlah Uang yang Diterima

- 1 Juli 2022, 08:42 WIB
Ilustrasi. Cek rekening, gaji 13 PNS, TNI dan Polri cair mulai hari ini disertai hitungan dan jumlah uang yang diterima.
Ilustrasi. Cek rekening, gaji 13 PNS, TNI dan Polri cair mulai hari ini disertai hitungan dan jumlah uang yang diterima. /Pixabay/EmAji

BERITA DIY - Cek rekening, gaji 13 PNS, TNI dan Polri cair mulai hari ini. Simak hitungan dan jumlah uang yang diterima dalam penjelasan berikut ini.

Pemerintah mencairkan dana gaji 13 untuk PNS, TNI, Polri, hingga pensiunan mulai hari ini, Jumat, 1 Juli 2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan gaji 13 diharapkan bisa menjadi pendorong daya beli masyarakat sehingga bisa mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 35,5 triliun. Rinciannya adalah Rp 11,5 triliun untuk ASN pusat, TNI dan Polri. 

Baca Juga: Gaji 13 PNS Kapan Cair? Cek Jadwal dan Jumlah Gaji 13 Tahun 2022 per Golongan di Sini

Kemudian, untuk ASN daerah, anggaran disediakan sebesar Rp 15 triliun. Lalu untuk pensiunan sebesar Rp 9 triliun.

"Untuk tahun ini, gaji ke-13 diberikan kepada seluruh ASN. Jadi perbedaan dari tahun 2021 adalah THR dan gaji ke-13 tahun ini ditambah dengan 50 persen tukin per bulan. Bagi Pemda, aturannya adalah diberikan paling banyak 50 persen tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan masing-masing APBD," kata Sri Mulyani dikutip dari kemenkeu.go.id, Selasa, 28 Juni 2022.

Aturan penyaluran gaji 13 PNS, ASN, TNI, Polri, dan pensiunan tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 16 Tahun 2022.

Lalu, bagaimana hitungan dan jumlah uang gaji 13 yang diterima PNS, TNI dan Polri?

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x