Sejarah Hari Bhayangkara 2022 yang Diperingati Hari Ini 1 Juli 2022: Apa Hubungannya dengan Majapahit?

- 1 Juli 2022, 07:37 WIB
Ilustrasi Hari Bhayangkara 76, sejarah hari Bhayangkara 2022 yang diperingati hari ini 1 Juli 2022 serta apa hubungannya dengan Majapahit.
Ilustrasi Hari Bhayangkara 76, sejarah hari Bhayangkara 2022 yang diperingati hari ini 1 Juli 2022 serta apa hubungannya dengan Majapahit. /Twibbonize.com/@Media Group Realita

BERITA DIY - Berikut informasi sejarah hari Bhayangkara 2022 yang diperingati hari ini 1 Juli 2022 serta apa hubungannya dengan Majapahit.

Hari ini, 1 Juli 2022 diperingati sebagai Hari Bhayangkara atau yang juga identik dengan HUT Polri.

Hari Bhayangkara atau HUT Polri adalah peringatan hari lahirnya Kepolisian Republik Indonesia atau Polri.

Penetapan 1 Juli sebagai Hari Bhayangkara diambil berdasarkan momentum turunnya Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946 yang dikeluarkan Presiden Soekarno.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Hari Bhayangkara 2022, Ini Tema dan Link Logo HUT Bhayangkara ke 76 serta Logo Polri PNG

Terbentuknya Bhayangkara menjadi nama pasukan keamanan dan diperingati setiap 1 Juli tentunya tidak serta merta langsung terbentuk.

Ada sejarah panjang dibalik nama Bhayangkara dari zaman kerajaan hingga masa awal kemerdekaan dan terus berjaya hingga sekarang.

Berikut Sejarah Hari Bhayangkara dikutip dari polri.go.id

Zaman Kerajaan

Bhayangkara sendiri adalah istilah atau nama yang digunakan Patih Gadjah Mada dari Majapahit untuk menamai pasukannya.

Baca Juga: 15 Rangkaian Kata Ucapan Selamat Hari Bhayangkara 1 Juli 2022: Ucapan Terima Kasih Memiliki Makna dan Doa

Pasukan Bhayangkara di bawah pimpinan Gadjah Mada  bertugas untuk menjaga raja dan kerajaan Majapahit kala itu.

Masa Kolonial

Pada masa kolonial Belanda, pembentukan pasukan keamanan diawali oleh pembentukan pasukan-pasukan jaga yang diambil dari orang-orang pribumi untuk menjaga aset dan kekayaan orang-orang Eropa di Hindia Belanda pada waktu itu.

Pada tahun 1867 sejumlah warga Eropa di Semarang, merekrut 78 orang pribumi untuk menjaga keamanan mereka.

Baca Juga: SEDANG BERLANGSUNG! Link Bhayangkara FC vs Persib di Vidio Jam 20.30 WIB, Selasa, 21 Juni 2022

Pada masa Hindia Belanda terdapat bermacam-macam bentuk kepolisian, seperti veld politie (polisi lapangan), stands politie (polisi kota), cultur politie (polisi pertanian), bestuurs politie (polisi pamong praja), dan lain-lain.

Kemudian pada masa pendudukan Jepang, wilayah Indonesia dipisah per wilayah di antaranya:

- Kepolisian Jawa dan Madura yang berpusat di Jakarta

- Kepolisian Sumatera yang berpusat di Bukittinggi

- Kepolisian wilayah Indonesia Timur berpusat di Makassar

- Kepolisian Kalimantan yang berpusat di Banjarmasin.

Baca Juga: Link Live Streaming dan Jadwal Persib Bandung vs Bhayangkara FC Piala Presiden 2022 Hari Ini dan Prediksi Skor

Awal Kemerdekaan Indonesia 1945-1950

Setelah Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, pemerintah militer Jepang membubarkan Peta dan Gyu-Gun, sedangkan polisi tetap bertugas.

Penugasan Polisi juga dilakukan waktu Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Setelah proklamasi 17 Agustus 1945 dilaksanakan, maka secara resmi pula kepolisian menjadi kepolisian Indonesia yang merdeka.

Pada saat euforia proklamasi kemerdekaan, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) membentuk Badan Kepolisian Negara (BKN) dan dilanjutkan dengan pelantikan R. S. Soekanto Tjokrodiatmodjo sebagai Kepala Kepolisian Negara (KKN) oleh presiden pada tanggal 29 September 1945.

Baca Juga: LINK Live Streaming Bhayangkara vs Persib Piala Presiden Hari Ini Siaran Langsung di TV Indosiar Jam Berapa

Pada tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri.

Pada akhirnya, Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini.

Arti Logo Polri

Perisai bermakna pelindung rakyat dan negara.

Pancaran obor bermakna penegasan tugas Polri, disamping memberi sesuluh atau penerangan juga bermakna penyadaran hati nurani masyarakat agar selalu sadar akan perlunya kondisi kamtibmas yang mantap.

Baca Juga: 2 Link Live Streaming Bhayangkara FC vs Persib Bandung Piala Presiden: H2H, Prediksi Skor dan Susunan Pemain

Tangkai padi dan kapas menggambarkan cita-cita bangsa menuju kehidupan adil dan makmur, sedangkan 29 daun kapas dengan 9 putik dan 45 butir padi merupakan suatu pernyataan tanggal pelantikan Kapolri pertama 29 September 1945 yang dijabat oleh Jenderal Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo.

3 Bintang di atas logo bermakna Tri Brata adalah pedoman hidup Polri. Sedangkan warna hitam dan kuning adalah warna legendaris Polri.

Warna hitam adalah lambang keabadian dan sikap tenang mantap yang bermakna harapan agar Polri selalu tidak goyah dalam situasi dan kondisi apapun; tenang, memiliki stabilitas nasional yang tinggi dan prima agar dapat selalu berpikir jernih, bersih, dan tepat dalam mengambil keputusan.

Demikian informasi sejarah hari Bhayangkara 2022 yang diperingati hari ini 1 Juli 2022 serta apa hubungannya dengan Majapahit.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x