Cara Berbakti Anak kepada Orang Tua yang Jauh Menurut Ustadz Abdul Somad, Bikin Haru dan Menangis

- 30 Juni 2022, 18:09 WIB
Ilustrasi - Ustadz Abdul Somad menjelaskan cara berbakti anak kepada orang tua yang jauh.
Ilustrasi - Ustadz Abdul Somad menjelaskan cara berbakti anak kepada orang tua yang jauh. /tangkap layar Youtube Ustadz Abdul Somad

BERITA DIY - Simak cara berbakti anak untuk orang tua yang jauh menurut Ustadz Abdul Somad, bikin haru hingga menangis.

Ada banyak cara untuk menunjukkan bakti seorang anak kepada orang tua terutama ketika jarak memisahkan. Ustadz Abdul Somad memberikan pencerahan kepada anak rantau untuk selalu mengingat ibu dan ayah.

Jauh dari orang tua dan keluarga banyak dialami oleh anak yang merantau untuk sekolah maupun bekerja. Meski begitu bakti seorang anak seharusnya tetap ditunjukkan. Inilah pesan haru yang disampaikan oleh UAS.

Dengan kemajuan teknologi orang kini bisa berkomunikasi menggunakan jaringan telpon atau internet. Sehingga anak bisa menelpon orang tua.

Baca Juga: Apakah Kredit Mobil, Motor, dan Rumah Itu Riba? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Meski anak hanya sempat pulang ketika Idul Fitri, di hari biasa hendaknya tetap menjaga komunikasi dengan orang tua.

Bahkan bakti kepada orang tua diriwayatkan dalam Al-Quran, salah satunya Surat Al Isra ayat 23 yang berbunyi sebagai berikut:

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."

Tak hanya itu adapula Surat Luqman ayat 14 yang memerintahkan manusia untuk berbuat baik kepada orang tua terutama ibu.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x