Bacaan Tahlil Lengkap Latin NU dan Doa Arwah Setelah Surat Yasin saat Yasinan dan Tahlilan di Malam Jumat

- 30 Juni 2022, 15:49 WIB
Bacaan tahlil lengkap latin NU dan doa arwah setelah Surat Yasin saat yasinan dan tahlilan di malam Jumat.
Bacaan tahlil lengkap latin NU dan doa arwah setelah Surat Yasin saat yasinan dan tahlilan di malam Jumat. /Pexels/Faseeh Fawaz.

BERITA DIY - Bacaan tahlil lengkap latin NU dan doa arwah setelah Surat Yasin saat yasinan dan tahlilan di malam Jumat tersedia di sini.

Salah satu rutinitas yang biasanya dilakukan oleh umat muslim di tanah air, khususnya warga Nahdlatul Ulama atau NU pada saat malam Jumat adalah melantunkan bacaan tahlil lengkap dengan Surat Yasin atau biasa disebut dengan yasinan dan tahlilan.

Bacaan tahlil terdiri atas beberapa kalimat toyyibah dan penggalan ayat suci Al-Qur'an yang dibaca untuk meneguhkan iman dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sementara itu, Surat Yasin merupakan ayat suci Al-Qur'an yang terdiri atas 83 ayat dan terletak di antara juz 22 dan juz 23.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Arab Latin dan Terjemah Bahasa Indonesia Sebelum Tahlil Malam Jumat

Kedua bacaan ini biasanya dilantunkan secara bergantian, kemudian ditutup dengan doa arwah untuk mendoakan ruh orang-orang yang sudah meninggal dunia.

Kegiatan membaca tahlil ini sering disebut sebagai tahlilan. Sedangkan membaca Surat Yasin sering disebut sebagai yasinan.

Aktivitas yasinan dan tahlilan lazim dilakukan oleh warga NU di malam Jumat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Rutinitas ini bisa dilakukan secara berjamaah maupun sendirian, baik di rumah maupun di masjid.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x