5 Tips dan Cara Mengatasi Nyeri Haid Saat Menstruasi: Mulai dari Membuat Ramuan Teh Herbal Hingga Pakai Obat

- 30 Juni 2022, 09:10 WIB
Ilustrasi - Tips dan cara mengatasi nyeri haid saat menstruasi pada wanita.
Ilustrasi - Tips dan cara mengatasi nyeri haid saat menstruasi pada wanita. /PIXABAY/@nastya_gepp

BERITA DIY - Nyeri haid merupakan kejadian yang umum terjadi pada fase awal menstruasi wanita yang bisa mengganggu aktivitas karena rasa sakit yang dirasakan.

Nyeri haid bisa membuat tubuh menjadi lemas dan pada akhirnya menghentikan aktivitas karena kesakitan. Terkadang karena sudah umum terjadi, tidak sedikit yang membiarkan nyeri sembuh dengan sendirinya.

Namun, wanita bisa melakukan berbagai macam cara untuk meminimalisir rasa sakit dengan cara-cara alami mulai dari membuat ramuan teh hingga meminum obat pereda nyeri yang boleh dikonsumsi bebas atau atas anjuran dokter.

Simak tips dan cara mengatasi nyeri haid pada menstruasi awal mulai dari membuat ramuan teh herbal hingga obat pereda nyeri dalam artikel ini.

Baca Juga: Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda, Mulai dari Konsumsi Makan Minum Sehat Hingga Olahraga

Dilansir dalam Jurnal Nyeri Haid, Penyebab, dan Penanggulangan dari Universitas Mataram, haid atau menstruasi merupakan pelepasan dinding endometrium disertai darah. Pada saat menstruasi nyeri bisa menyertai kejadian menstruasi sebagai hasil kontraksi kuat miometrium.

Kontraksi miometrium ini bisa terjadi menjelang dan selama menstruasi yang dialami wanita sehingga terjadilah nyeri haid.

Faktor penyebab nyeri haid beragam antara lain faktor endokrin, kejiwaan dan faktor lain yang terkait dengan alat reproduksi.

Berikut ini adalah tips dan cara mengatasi nyeri haid selama menstruasi:

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x