Hasil Sidang Isbat Kemenag Penetapan Idul Adha 2022 Tanggal Berapa Bisa Cek di Sini, Tanggal 9 atau 10 Juli?

- 29 Juni 2022, 11:31 WIB
Ilustrasi hasil Sidang Isbat penetapan Hari Raya Idul Adha 2022 bisa cek di link ini.
Ilustrasi hasil Sidang Isbat penetapan Hari Raya Idul Adha 2022 bisa cek di link ini. /Twibbonize/ORANG BIASA

BERITA DIY - Masyarakat bisa memantau hasil Sidang Isbat Kemenag penetapan Idul Adha 2022 tanggal berapa di link yang tersedia di akhir artikel.

Umat Muslim menyambut Hari Raya Idul Adha, namun apakah jatuh pada tanggal 9 atau 10 Juli 2022? 

Sama seperti Idul fitri, Hari Raya Idul Adha 2022 ditetapkan melalui Sidang Isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Pada kalender Hijriyah, Idul Adha selalu jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, namun jika dikonversi ke penanggalan Masehi berubah setiap tahun.

Baca Juga: Niat dan Jadwal Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah Tanggal Berapa Bulan Juli 2022? Ini Keutamaan Puasa

Oleh karena itu, Kemenag menggelar Sidang Isbat untuk melihat hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik di Indonesia.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha 2022 melalui Maklumat tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1443 Hijriyah.

Tak hanya menetapkan Idul Adha, Muhammadiyah juga telah menentukan awal Ramadhan, Idul Fitri 2022 hingga awal bulan Dzulhijjah 1443 Hijriyah.

Penetapan bulan Dzulhijjah, Hari Arafah dan Idul Adha menurut Muhammadiyah didasarkan pada tinggi bulan saat Matahari terbenam di Yogyakarta di mana hilal sudah terlihat juga di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah 2022? Berikut Keutamaan, Niat dan Jadwal Puasa Jelang Idul Adha 1443 Hijriyah

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x