Resep dan Cara Membuat Tongseng Kambing dan Sapi Tanpa Santan dengan Rasa Gurih, Empuk, dan Bebas Bau

- 29 Juni 2022, 07:08 WIB
Ilustrasi resep dan cara membuat tongseng kambing dan sapi tanpa santan rasa gurih, empuk, dan bebas bau.
Ilustrasi resep dan cara membuat tongseng kambing dan sapi tanpa santan rasa gurih, empuk, dan bebas bau. /Tangkap layar YouTube.com/@DAPUR KRISTIA

BERITA DIY- Simak resep dan cara membuat tongseng kambing atau sapi tanpa santan dengan rasa yang gurih, empuk, dan bebas bau. Tongseng merupakan salah satu hidangan khas Jawa Tengah dengan cita rasa yang pedas, manis, dan gurih.

Tongseng bisa dibuat dengan menggunakan daging kambing, sapi, maupun daging ayam. Olahan daging ini memiliki ciri khas yaitu kuahnya encer dan rasanya sedikit manis karena ada tambahan kecap manis.

Tidak bisa dipungkiri meskipun tongseng memiliki cita rasa yang enak dan gurih tetap saja masih ada yang tidak mengkonsumsinya karena alasan dagingnya keras dan bau.

Dalam artikel ini terdapat tips bagaimana memasak tongseng dengan rasa yang enak, gurih, empuk dan tidak bau.

Baca Juga: Resep Sate Maranggi Khas Purwakarta Pakai Daging Idul Adha Lengkap dengan Sambal Kecap dan Sambal Tomat

Cara mengolah atau membuat tongseng tidak terlalu sulit, untuk bisa menikmati tongseng kambing atau sapi yang gurih dan empuk pastikan semua bahan dimasukan.

Tips memasak tongseng agar tidak bau atau prengus bisa menggunakan campuran daging, nanas, jahe, dan jeruk nipis. Rendam daging menggunakan bahan tersebut beberapa jam untuk menghilangkan bau dan melembutkan daging.

Kemudian masak, ketika tongseng sudah mendidih masak menggunakan api kecil. Hal ini bertujuan supaya tongseng bisa dimasak dalam waktu lama supaya empuk, bumbunya lebih meresap, dan airnya tidak kering.

Berikut ini bahan-bahan dan cara memasak tongseng menggunakan daging kambing atau sapi tanpa santan:

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x